Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Perilaku Memilih Komunitas Suporter Viking Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Karawang Tahun 2015

TitlePerilaku Memilih Komunitas Suporter Viking Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Karawang Tahun 2015
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsPonconoto, Andika
Call NumberPOL.533
Other NumbersF1D013013
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Abstract

Penelitian ini berjudul “PERILAKU MEMILIH KOMUNITAS SUPORTER VIKING DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2015” . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku politik khususnya perilaku memilih komunitas suporter Viking pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Karawang tahun 2015. Serta untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang membentuk perilaku politik komunitas suporter Viking pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang tahun 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstuktivisme khususnya nonpositivisme serta menggunakan perspektif strukturalis dan pendekatan studi kasus. Sementara dalam pemilihan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sementara untuk teknik analisis data menggunakan analisa kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi data sumber. Landasan teori penelitian ini menggunakan teori pemilihan kepala daerah, kelompok sosial dan komunitas, dan perilaku politik. Hasil dari penelitian ini pertama, perilaku memilih komunitas suporter Viking adalah memilih pasangan Cellica Nurrachadiana dan Ahmad Zamakhsyari dalam pilkada Kabupaten Karawang tahun 2015. Kedua, perilaku memilih komunitas suporter Viking dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut diantaranya yaitu
faktor ketokohan ketua dalam komunitas suporter Viking, faktor kedekatan kandidat dengan ketua Viking dan yang terakhir karena faktor kontribusi kandidat terhadap Viking.

KeywordsKomunitas Viking, Perilaku Memilih, Pilkada, Suporter
Citation Key3425
You are here