Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Peran PT Indonesia Power dalam Pemberdayaaan Masyarakat di Banjarnegara Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR).

TitlePeran PT Indonesia Power dalam Pemberdayaaan Masyarakat di Banjarnegara Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR).
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsNugroho, Wahyu Setiyono
Call NumberSOS.728
Other NumbersF1A009008
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published09/2015
Abstract

Indonesia Power bergerak dalam bisnis energi yang memiliki risiko tinggi terhadap perubahan lingkungan alam dan sosial, karenanya perusahaan berkomitmen untuk senantiasa mempertimbangkan, mencegah, mengurangi, dan mengelola dampak operasi dan bisnisnya melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). Selain kegiatan pembangunan prasarana yang berkaitan dengan energi, dalam Program CSR yang dilakukan Indonesia Power juga menyelenggarakan berbagai program pendidikan dan penyuluhan yang bertujuan memberi pengertian mengenai pengaruh listrik, jaringan transmisi dan distribusi listrik terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat selain pelaksanaan program bantuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan informan purposive sampling.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Indonesia Power, mengetahui kendala yang dihadapi Indonesia Power, mengetahui dampak dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan.Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik milik Milles dan Huberman (1984), mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Blambangan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara karena di Desa ini karena Desa tersebut merupakan salah satu Desa sasaran dalam kegiatan CSR Indonesia Power.Dalam penelitian ini sasaran utamanya adalah para pekerja bidang hubungan masyarakat di P.T Indonesia Power dan kepala keluarga yang kurang mampu perekonomiannya di Desa Blambangan. Sedangkan sasaran pendukungnya adalah pihak-pihak dinas-dinas terkait dalam program CSR seperti instansi pendidikan,instansi kelembagaan masyarakat dan instansi pemerintah yang bekerja sama dengan P.T Indonesia Power. Dalam menguji keabsahan data penelitian, peneliti menggunakan teknik triagulasi data, yakni teknik pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data ini untuk keperluan pengecekan atau pembanding terhadap data itu.
CSR merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan yang bersangkutan yaitu Indonesia Power. Dengan memperhatikan lingkungan dan masyarakat, perusahaan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar. Pencapaian pelaksanaan CSR oleh P.T Indonesia Power UBP Mrica adanya sekolah lapangan tentang penyuluhan cara penanaman kopi disekitar daerah waduk UBP Mrica menjadi nilai tambah dari Indonesia Power yang telah berkerja sama dengan dinas terkait yang dapat mendukung program CSR dapat berjalan dengan baik. Beasiswa konvensional dan tematik yang mulai dijalankan oleh Indonesia Power untukpeningkatan taraf hidup masyarakat dalam bidang pendidikan.Kendala P.T Indonesia Powerdalam menjalankan program-program yang ada adalah tidak ada rancangan induk ( master-plan ), disisi lain pendistribusian beasiswa yang ada masih belum sempurna dikarenakan fokus tujuannya masih mengambang dan kadang tidak tepat sasaran harus diperbaiki dan dipikirkan jalan keluarnya oleh Indonesia Power, pelaksanaan yang belum merata dan terjadwal serta lemahnya komunikasi juga merupakan salah satu masalah yang perlu diperhatikan. Dampak bagi masyarakat dan perusahaan yang saling memiliki kesinambungan dalam berbagai progam yang dilakukan Indonesia Power terhadap masyarakat sekitar dengan adanya sekolah lapangan berhasil memberikan cara penanaman bibit kopi terhadap masyarakat yang sekarang terus berkembang, beasiswa konvensional dan tematik adalah salah satu program pendidikan andalan Indonesia Power untuk membantu masyarakat miskin yang memiliki potensi, dan Indonesia Power juga mendapat dukungan dari pemerintah seperti memfasilitasi, mendukung, dan memberi pengarahan terhadap Indonesia Power agar lebih baik lagi dalam melakukan program-program CSR.
Lebih baik lagi apabila adanya kelanjutan dari program-program tersebut,khusunya pendidikan sehinggaprogram yang ada seperti sekolah lapangan, beasiswa konvensional, dan beasiswa tematik berjalan lebih baik secara berkelanjutan yang dibantu dengan perangkat desa agar komunikasi yang ada lebih baik bersamaP.T Indonesia Power dengan masyarakat sekitar, anggaran dana yang ada dapat dimaksimalkan supaya tertuju ke pihak yang membutuhkan, rancangan induk perlu diperbaiki agar lebih baik lagi dalam segala perencanaan program-program yang ada sehingga program yang berjalan dapat menjadi program yang diunggulkan.

KeywordsCorporate Social Responsibility, Indonesia Power, Pemberdayaan Masyarakat, Unit Pembangkit Bantuan Mrica
Citation Key2368
You are here