Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Mengenai HIV/AIDS di Kampung Sri Rahayu Kecamatan Purwokerto Selatan

TitlePengetahuan Ibu Rumah Tangga Mengenai HIV/AIDS di Kampung Sri Rahayu Kecamatan Purwokerto Selatan
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsOctaviani, Nadia
Call NumberSOS.793
Other NumbersF1A009026
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published05/2016
Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas tahun 2014 yang menunjukkan bahwa penularan tertingggi HIV/AIDS di Kabupaten Banyumas terjadi pada ibu rumah tangga. Penelitian ini bertujuan mencari tahu pengetahuan ibu rumah tangga mengenai HIV/AIDS, cara penularannya, dan gejala apa saja yang muncul saat seseorang terinfeksi HIV/AIDS. Penelitian ini juga mencari tahu pendapat ibu rumah tangga mengenai tingginya penularan HIV/AIDS di kalangan ibu rumah tangga.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam rangka mencari jawaban dari permasalahan penelitian. Sasaran penelitian adalah ibu rumah tangga yang tinggal di Kampung Sri Rahayu. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling yang mana peneliti memilih informan dengan sengaja yaitu hanya ibu rumah tangga yang tinggal di Kampung Sri Rahayu. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan informan, mengobservasi gerak-gerik informan selama wawancara, dan dokumentasi berupa suara informan saat wawancara. Sumber data berupa data primer yaitu data dari wawancara dengan informan dan data sekunder yaitu informasi mengenai wilayah Kampung Sri Rahayu. Analisis data menggunakan model Analisis Interaktif yaitu dengan mereduksi data, dan uji validasi data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu rumah tangga di Kampung Sri Rahayu telah mengetahui definisi dari HIV/AIDS, cara penularan, serta gejala yang muncul saat seseorang terinfeksi HIV. Informan menjelaskan bahwa HIV/AIDS adalah penyakit yang menular, berbahaya, dan dapat menyebabkan kematian. Cara penularannya dapat melalui hubungan seks, transfusi darah, dan penggunaan jarum suntik bersama-sama. Gejala yang timbul saat seseorang terinfeksi HIV adalah munculnya bitnik-bintik merah pada bagian tubuh tertentu, demam tinggi, penyakit kulit, TBC. Jika seseorang tidak mendapat pengobatan yang benar, maka kondisi tubuh lama-kelamaan akan menurun, dan dapat berakibat pada kematian.
Saran dari peneliti, bila ada yang melakukan penelitian mengenai HIV/AIDS, khususnya mengenai ibu rumah tangga, Penelitian sebaiknya dilakukan di wilayah tempat tinggal masyarakat kalangan menengah maupun kalangan atas. Penularan HIV/AIDS tidak hanya terjadi pada masyarakat kalangan bawah tetapi bisa terjadi pada semua kalangan. Belum tentu di daerah lain diadakan penyuluhan rutin seperti yang dilakukan di Kampung Sri Rahayu. Saran untuk Kampung Sri Rahayu yaitu perlu diadakan penyuluhan untuk suami mengenai masalah HIV/AIDS, karena suami juga menjadi salah satu faktor penyebab tertularnya HIV/AIDS pada ibu rumah tangga. Selain itu, ibu rumah tangga di Kampung ini perlu diberi penyuluhan tentang bagaimana mereka mengarahkan suami agar sama-sama terbebas dari HIV/AIDS

KeywordsHIV/AIDS, ibu rumah tangga, Kampung Sri Rahayu 16
Citation Key2731
You are here