Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Commuter Line Jabodetabek

TitlePengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Commuter Line Jabodetabek
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsTriastoto, Ramdani
Call NumberANE.1092
Other NumbersF1B013057
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published08/2018
Abstract

Commuter line merupakan salah satu bentuk pelayanan publik di bidang transportasi masal. Di Indonesia sendiri, daerah operasional Commuter Line menghubungkan transportasi antar wilayah Jabodetabek dibawah pengelolan oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek. Sebagai salah satu transportasi modern penarik minat masyarakat beralih dari kendaran pribadi menuju kendaran umum, jumlah warga peminat commuter line menaik drastis setiap tahun. Hal ini menandakan meningkatnya angka kepuasan publik terhadap pelayanan yang diberikan oleh pengelola jasa commuter line. Untuk itu skripsi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan penguna jasa commuter line Jabodetabek. Metode penelitan yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kuantiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuisioner kepada responden terpilh dan menganalisinya melalui sistem analisis data. Responden dalam penelitan ini dipilh secara insidental dengan mengambil sampel sebanyak 384 orang penguna commuter line jabodetabek. Analisis data penelitan dilalakukan mengunakan analisis kendals tau dan regresi linier sederhana melalui sistem operasi SPS for windows. Hasil penelitan menunjukan bahwa angka kepuasan masyarakat penguna Commuter line bernilai baik di angka 74,14% dengan nilai kualitas pelayanan sebesar 71,92% untuk kemudian menghasilkan nilai konstan sebesar 0,869 dan nilai kualitas pelayanan sebesar 0,157 dengan persaman Y= 0,869 + 0,157X. Dimana setiap penambahan nilai kualitas pelayanan maka nilai kepuasan akan bertambah sebesar 0,157. Dengan nilai signifikansi adalah 0,0 (sangat kuat) hal tersebut menunjukan bahwa tingkat kepuasan masyarakat penguna commuter line berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa Commuter Line Jabodetabek.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan, Commuter Line

SUMMARY
Commuter line is one of public service in the field of mas transportation. In Indonesia, the operational area of the Commuter Line conects transportation betwen Jabodetabek areas under the management of PT. KAI Commuter Jabodetabek. As one of the modern transportation public interest atracters move from private vehicles to public transportation, the number of citzens who used commuter line enthusiasts rises drasticaly each year. This indicates the increasing number of public satisfaction with the services provided by the commuter line service manager. Therefore, this thesis aims to examine the efect of public service quality on the level of customer satisfaction on Jabodetabek commuter line service. The research method used in this thesis is quantiative method. Data colection has done by giving questionaires to selected respondents and analyze it through data analysis ystem. Respondents in this research were chosen incidentaly by taking samples of 384 users of commuter line jabodetabek. The research data analysis has done by using simple tear and linear egresion analysis through SPS for windows operating system. The results showed that the number of community satisfaction of the user of Commuter line is god value at 74.14% with the value of service quality equal to 71,92% to then produce constant value equal to 0,869 and value of service quality equal to 0,157 with equation Y = 0,869 + 0,157X. Where each aditonal value of service quality then the value of satisfaction wil increase by 0.157. With the significance value is 0.0 (very strong) it shows that the level of community satisfaction of commuter line users afect the quality of services provided by the
service provider Commuter Line Jabodetabek.

Keywords: Service Quality, Satisfaction Level, Commuter Line

KeywordsCommuter Line, Tingkat Kepuasan, kualitas pelayanan
Citation Key3447
You are here