Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pengaruh Kualitas Layanan Sirkulasi Dan Kemampuan Petugas Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas

TitlePengaruh Kualitas Layanan Sirkulasi Dan Kemampuan Petugas Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsNugraha, Yoga Andalan
Call NumberANE.069
Other NumbersF1B113003
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published08/2018
Abstract

Pada dasarnya kepuasan pemustaka terwujud jika harapan pemustaka sesuai dengan apa yang dialaminya, bahkan apa yang dialaminya melebihi harapan setelah mendapatkan suatu pelayanan. Kepuasan pemustaka dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan kemampuan petugas. Penelitian ini dilakukan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Kualitas Layanan Sirkulasi yang meliputi Kontrol Informasi (Information Control) dan Perpustakaan Secara Fisik (Library as Place), dan Kemampuan Petugas yang meliputi Kemampuan Teknis dan Kemampuan Sosial terhadap Kepuasan Pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode survai. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Kendall Tau, Korelasi Konkordansi Kendall W dan Regresi Ordinal.
Hasil analisis secara kuantitatif dalam penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Layanan Sirkulasi terhadap Kepuasan Pemustaka sebesar 0,244 atau 24,4 persen. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kemampuan Petugas terhadap Kepuasan Pemustaka sebesar 0,164 atau 16,4 persen. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Layanan Sirkulasi dan Kemampuan Petugas terhadap Kepuasan Pemustaka sebesar 0,299 atau 29,9 persen.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa variabel-variabel Kualitas Layanan Sirkulasi dan Kemampuan Petugas semuanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pemustaka di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas. Hal ini membuktikan bahwa semua variabel independen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu Kepuasan Pemustaka.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kepuasan Pemustaka, Kemampuan Petugas, Kualitas Pelayanan Publik

SUMMARY
Visitor satisfaction in accessing library service only will be achieved when the service delivery meet their expectation. Satisfaction of the readers can be influenced by service quality and librarian’s skills. This research was conducted at Archive and Libraries of Banyumas District Office.
The research aims to examine and analyze the level of influence of the Quality of Circulation Services that includes Information Control and Library as Place, and Librarian’s Skills that include Technical Skill and Social Skill to the Visitor Satisfaction. This research used survey method. Accordingly, the data analysis techniques were correlation Kendall Tau, W Kendall Concordance Correlation and Regression Ordinal.
The results of quantitative analysis have shown: (1) There is a positive and significant influence between quality of circulation services to visitor satisfaction by 0.244, or 24.4 percent. (2) There is a positive and significant influence between librarian’s skills to visitor satisfaction by 0.164, or 16.4 percent. (3) There is a positive and significant influence between quality of circulation services and librarian’s skills to visitor satisfaction by 0.299, or 29.9 percent.
This research concludes the variables of Quality of Circulation Services and Librarian’s Skill are all positive and significant in effect to Visitor Satisfaction at Archive and Libraries of Banyumas District Office. It proves all independent variables have positive and significant influence to the visitor satisfaction as dependant variabel.
Keywords: Public Service, Visitor’s Satisfaction, Officer’s Skill, Quality of Public Services

KeywordsKemampuan Petugas, Kepuasan Pemustaka, kualitas pelayanan publik, Pelayanan publik
Citation Key3453
You are here