Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pengaruh Intensitas Waktu Bermain Game Playstation(X) Dengan Pola Asuh Orang Tua (Z) Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Syafi’I Akrom Kota Pekalongan(Y)

TitlePengaruh Intensitas Waktu Bermain Game Playstation(X) Dengan Pola Asuh Orang Tua (Z) Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Syafi’I Akrom Kota Pekalongan(Y)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsIZZAH, NISWATUL
Call NumberSOS.654
Other NumbersF1A010039
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2014
Date Published09/2014
Abstract

Peningkatan dan perbaikan mutu belajar dalam dunia pendidikan sangatlah
penting sehingga perlu untuk mengkaji faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
hasil belajar siswa baik dari faktor internal maupun eksternal. Faktor-faktor
tersebut diantaranya yang dapat mempengaruhi adalah intensitas waktu bermain
game playstation dan pola asuh orang tua didalam keluarga dengan menggunakan
penerapan tipe-tipe pola asuh baik otoritatif, demokratis, permisif ataupun
situasional yang mana faktor tersebut bisa berpengaruh terhadap hasil belajar atau
prestasi belajar siswa di sekolah.
Penelitian ini berjudul “Intensitas Waktu Bermain Game Playstation
dengan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Syafi’i
Akrom Kota Pekalongan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana
pengaruh intensitas waktu bermain game playstation serta penerapan pola asuh
orang tua dalam suatu keluarga yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa,
dengan menggunakanmetode penelitian kuantitatif, pendekatan survai
explanatory. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus simple random
sampling. Analisis data penelitian dengan korelasi product moment, korelasi
parsial dan regresi linier.Paradigma yang digunakan adalah paradigma fakta
sosial, yang mengangkat teori Fungsionalisme Struktural. Dengan hipotesis
“Adanya pengaruh intensitas waktu bermain game playstation dengan pola asuh
orang tua yang diterapkan dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMK
Syafii Akrom Kota Pekalongan.”
Hasil penelitian berdasarkan hasil korelasi product moment menunjukkan
bahwa adanya korelasi antara intensitas waktu bermain game playstation dengan
pola asuh orang tua sebesar 0,154, kemudian korelasi antara pola asuh orang tua
dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,228, untuk korelasi antara intensitas waktu
bermain game playstation dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,154. Sedangkan
untuk hasil analisis korelasi parsial menunjukkan bahwa besarnya pola asuh orang
tua sebagai variabel intervening pengaruh intensitas waktu bermain game
playstation terhadap prestasi belajar siswa menjadi sebesar 0,136. Selanjutnya
hasil regresi linier menunjukkan bahwa besar regresi pengaruh intensitas waktu
bermain game playstation dengan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar
siswa adalah sebesar 0,263 (yang berarti lemah).Berdasarkan hal tersebut, siswa
perlu meningkatkan prestasi belajarnya dengan cara membagi waktu sebaik
mungkin untuk belajar dan bermain game playstation. Pola asuh orang tua kepada
anak di dalam keluarga juga sangat penting untuk mengawasi dan mengontrol
anak dalam kegiatan sehari-hari.Peran sekolah juga sangat penting dalam
mendidik siswa agar taat pada aturan-aturan yang telah di tetapkan dan
mengajarkan mereka untuk menjadi siswa yang berprestasi dan bertingkah laku
yang baik.

KeywordsGame playstation, Pola asuh orang tua dan Prestasi.
Citation Key1813
You are here