Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pengaruh Figur Kandidat Terhadap Perilaku Memilih Dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 (Studi Di Kelurahan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat)

TitlePengaruh Figur Kandidat Terhadap Perilaku Memilih Dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 (Studi Di Kelurahan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsPutri, Arifiani Kurnia
Call NumberPOL.539
Other NumbersF1D013034
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published09/2018
Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Figur Kandidat Terhadap Perilaku Memilih dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 (Studi di Kelurahan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh figur kandidat terhadap perilaku memilih dan seberapa besar pengaruh figur kandidat terhadap perilaku memilih di Kelurahan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivisme dan menggunakan pendekatan behavioral. Teknik pemilihan responden, peneliti menggunakan teknik multistage random sampling. Pada tahap pertama digunakan teknik proportional random sampling lalu kemudian menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket dan wawancara. Skala pengukuran variabel dalam penelitian ini meggunakan skala nominal. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis butir, uji reliabilitas menggunakan teknik sekali ukur spearman brown dengan alat bantu software SPSS 20. Sementara untuk teknik analisis data, penelitian ini menggunakan uji koefisien kontingensi dan uji regresi logistik dengan alat bantu software SPSS 20. Di dalam landasan teori, penelitian ini menggunakan teori perilaku memilih dan figur kandidat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara figur kandidat terhadap perilaku memilih dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 di Kelurahan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat dengan koefisien regresi -1.793 dan tingkat signifikan 0.001 (lebih kecil dari 0.05). Nilai Exp(B) menunjukkan nilai Odds rasio 0.166, maka risiko perilaku memilih akibat figur kandidat sebesar 0.166 kali, dibandingkan dengan risiko perilaku memilih bukan karena figur kandidat. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa beberapa variabel seperti suku bangsa, agama, dan pendidikan dari responden tidak berpengaruh terhadap perilaku memilih masyarakat. Di sisi lain, ditemukan bahwa variabel umur dan pekerjaan responden berpengaruh terhadap perilaku memilih masyarakat di Kelurahan Meruya Selatan pada Pilgub DKI Jakarta tahun 2017. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa figur kandidat memiliki pengaruh terhadap perilaku memilih masyarakat dapat diterima. Artinya, secara keseluruhan figur kandidat berpengaruh terhadap perilaku memilih di Kelurahan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat pada Pilgub DKI Jakarta tahun 2017.

Keywordsfigur kandidat, Pengaruh, Perilaku Memilih
Citation Key3535
You are here