Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Mendesain Ulang Organisasi Pelayanan Publik Melalui Digitalisasi Proses Bisnis

TitleMendesain Ulang Organisasi Pelayanan Publik Melalui Digitalisasi Proses Bisnis
Publication TypeJournal Article
Year of Publication2017
AuthorsKurniasih, Denok
JournalJurnal Administrasi Negara ASIAN
Volume5 No.2
Start Page21-30
Date Published2018
ISSN2338-9567
KeywordsDesain organisasi, Desain terintegrasi, Organisasi digital, Pelayanan publik
Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perubahan desain organisasi pelayananpublik dengan mengambil kasus pada organisasi pelayanan perizinan di KabupatenBanyumas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejauh ini penggabungan danpemangkasan struktur organisasi menjadi satu-satunya cara dalam perubahan desainorganisasi. Hal tersebut menyebabkan organisasi pelayanan publik terjebak padapenyederhanaan struktur organisasi dan mengabaikan proses bisnis. Oleh sebab itumelalui penelitian ini diperoleh penjelasan tentang pentingnya mendesain ulangorganisasi pelayanan publik dengan mengedepankan penyederhanaan proses bisnisyang utama dalamorganisasi. Desain organisasi yang terintegrasi menjadi pilihan terbaikuntuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih responsif dan akuntabel. Untukmenjebatani proses integrasi antar unit dalam organisasi, teknologi memegang perananyang sangat penting.Setiap organisasi yang ingin maju perlu mengembangkan designorganisasi berbasis digital daripada menggunakan mekanisme hierarkis untuk kontroldan koordinasi. Desain semacam itu memerlukan penyelarasan strategis dan budayateknologi digital dalam organisasi. Prinsip "actors-oriented" adalah inti dalam designorganisasi terintegrasi berbasisdigital. Bila ini diterapkan dengan benar, maka tempatkerja dimana anggota organisasi berada dapat menjadi lebih produktif.

AttachmentSize
JURNAL_ASIAN_denok.pdf139.48 KB
You are here