Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Makna Pasar Bagi Konsumen (Studi tentang Pasar Tradisional dan Pasar Modern dengan Konsumen di Kroya)

TitleMakna Pasar Bagi Konsumen (Studi tentang Pasar Tradisional dan Pasar Modern dengan Konsumen di Kroya)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsUkuiyanto, Rizal
Call NumberF1A008075
Other NumbersSOS.594
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published12/2013
Abstract

Di era modern seperti saat ini banyak berdiri tempat atau pusat-pusat
perbelanjaan yang modern. Dengan adanya tempat perbelanjaan yang modern
membawa perubahan terhadap pola kehidupan masyarakat, baik di kota-kota besar
maupun kota kecil. Salah satu perubahan tersebut adalah perubahan preferensi tempat
orang berbelanja. Pada jaman dahulu masyarakat berbelanja dalam memenuhi
kebutuhan sehari-harinya tempat utama yang dituju adalah pasar tradisional. Namun
kini dengan adanya tempat atau pusat-pusat perbelanjaan yang modern seperti
minimarket telah memberikan alternatif lain bagi masyarakat selaku konsumen dalam
memilih tempat berbelanja untuk mencari dan memilih produk yang dibutuhkan dan
diinginkannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif,
sedangkan teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling.
Sumber data dalam penelitian ini terdapat dua sumber yaitu data primer dan data
sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh melalui hasil wawancara, dan
observasi. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku atau literatur-literatur
yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk teknik validitas data peneliti
menggunakan cara triangulasi sumber, sedangkan untuk kajian analisis data
menggunakan analisis interaktif.
Konsumen memaknai pasar sebagai tempat berkumpulnya banyak pedagang
yang menjual berbagai jenis macam barang kebutuhan manusia. Ada beberapa cara
atau upaya yang dilakukan oleh Kato dan Jadi Baru untuk menarik konsumen,
diantaranya adalah dengan menggunakan media lokal seperti radio, baliho atau
spanduk, dan juga selebaran-selebaran. Selain itu juga kedua perusahaan tersebut
memiliki management yang baik dalam menjalankan perusahaannya. Memberikan
pelayanan yang baik kepada konsumen, dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang
lain yang mendukung. Interaksi atau komunikasi yang terjadi antara karyawan dengan
konsumen sangat minim, interaksi terjadi ketika mau menanyakan harga yang kurang
jelas dan mencari barang yang diinginkan saja, lain halnya dengan interaksi sosial
yang terjadi di pasar tradisional yang sangat baik. Konsumen memilih belanja di Kato
dan Jadi Baru dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pengaruh media,
pelayanan yang ramah, kenyamanan, dan juga karena adanya fasilitas atau atributatribut
yang lain.
Agar mampu bersaing dengan tempat belanja yang modern pemerintah pusat
atau pemerintah daerah dan juga semua pihak yang terkait harus memodernnisasi
pasar tradisional dengan manajemen pengelolaan secara modern baik dari sistem
pengelolaan maupun kelembagaannya perlu ditingkatkan agar mampu bersaing
dengan pasar modern. Kato dan Jadi Baru dan juga untuk perusahaan-perusahaan
yang lain yang bergerak dibidang yang sama, memperhatikan hal-hal yang lain
seperti nilai-nilai kekerabatan dan kekeluargaan dengan konsumen seperti yang
terjadi di pasar tradisional.

KeywordsKonsumen, Pasar, Pemenuhan Kebutuhan
Citation Key1427
You are here