Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Kearifan Lokal Dalam Majalah Daerah Sebagai Sarana Pelestarian Budaya Jawa (Analisis Isi Majalah Panjebar Semangat Edisi Agustus 2015)

TitleKearifan Lokal Dalam Majalah Daerah Sebagai Sarana Pelestarian Budaya Jawa (Analisis Isi Majalah Panjebar Semangat Edisi Agustus 2015)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsMumtingah, Suciarti
Call NumberKOM.816
Other NumbersF1C012065
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published15/2016
Abstract

Globalisasi yang berkembang pesat menjadikan segala bentuk informasi dapat diakses dengan cepat dan mudah serta menyebabkan banyak pengaruh dari luar yang terserap, terutama kebudayaan.Hal ini menjadikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang ada pada masyarakat semakin lama semakin menghilang.Salah satunya adalah bahasa dan budaya Jawa yang semakin ditinggalkan oleh masyarakatnya, terutama generasi muda.Majalah Panjebar Semangat merupakan majalah tertua di Indonesia yang tetap konsisten menggunakan bahasa Jawa.Majalah ini mempunyai misi menjadi benteng pertahanan budaya Jawa agar budaya dan bahasa Jawa tidak hilang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi kualitatif. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan serta menganalisis seperti apa kearifan lokal yang ditampilkan oleh majalah Panjebar Semangat edisi Agustus 2015 serta bagaimana upaya Panjebar Semangat dalam melestarikan budaya Jawa. Untuk mencapai tujuan penelitian ini penulis menganalisis teks dalam majalah Panjebar Semangat edisi Agustus 2015 dan melakukan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian menunjukan kearifan lokal yang ditampilkan dalam Panjebar Semangat meliputi segala bentuk kearifan lokal seperti tradisi, cerita rakyat, busana adat, beserta nilai-nilai sosial budaya yang ada. Panjebar Semangat juga berusaha untuk melestarikan budaya Jawa, salah satunya dengan nguri-uri bahasa Jawa untuk mengangkat segala hal dan permasalahan seputar budaya Jawa.

Keywordsanalisis isi, Budaya Jawa, Kearifan Lokal, Panjebar Semangat
Citation Key2945
You are here