Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Implementasi Penataan Guru Pendidikan Dasar Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga (Studi Kasus Pada Upt Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kecamatan Mrebet)

TitleImplementasi Penataan Guru Pendidikan Dasar Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga (Studi Kasus Pada Upt Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kecamatan Mrebet)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSuyono
Call NumberMAP. 038
Other NumbersP2FB13013
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published09/2017
Abstract

Suyono, Program Studi Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Jenderal Soedirman Implementasi Penataan Guru Pendidikan Dasar Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Studi Kasus Pada UPT Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kecamatan Mrebet). Komisi Pembimbing, Ketua : Dr. Muslih Faozanudin, M.Sc dan anggota : Dr. Ali Rokhman, M.Si
Salah satu problem pendidikan nasional yang sampai pada saat ini belum terpecahkan adalah penyebaran guru yang tidak merata. Keadaan yang demikian menyebabkan ketimpangan mutu pendidikan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 5 Menteri, tentang Penataan dan Pemerataan Guru PNS. Penelitian ini dilaksanakan di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan yang meliputi; 1) implementasi manajemen penataan guru dan 2) faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi penataan guru pendidikan dasar di UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Mrebet dilakukan melalui tiga langkah, yaitu proses penyamaan persepsi, analisis distribusi guru, dan analisis kebijakan penataan dan pemerataan guru. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi yang mempengaruhi penataan guru terhadap peningkatan kualitas pendidikan dasar pada UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Mrebet adalah komunikasi, sumber daya, kecendrungan/sikap, dan struktur birokrasi.

KeywordsDinas Pendidikan dan Kebudayaan, Guru, Implementasi Penataan
Citation Key3147
You are here