Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PERILAKU PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA MADUSARI KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP

TitleHUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PERILAKU PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA MADUSARI KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSUSANTI, RETNO
Call NumberSOS.535
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto, Jawa Tengah
Year of Publication2012
Date Published12/2012
Abstract

ASI merupakan makanan bayi yang paling ideal, berisi semua nutrisi dalam perbandingan ideal yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Sedangkan ASI eksklusif adalah pemberian ASI pada bayi tanpa makanan tambahan lain atau cairan lainnya seperti susu formula, jeruk, madu,teh, air putih dan tanpa makanan padat apapun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan perilaku pemberian ASI ekskusif. Penelitian ini mengambil lokasi di desa Madusari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey dan menggunakan crosstabs dan metode analisis korelasi ganda dengan uji hipotesis. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sanpling jenuh karena jumlah bayi 0-6 bulan berjumlah 81 bayi dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar Ibu memiliki tingkat pengetahuan dan sikap yang rendah sehingga perilaku pemberian ASI eksklusifnya pun rendah.Ketiga variabel tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara pengetahuan Ibu (X1) dan sikap Ibu(X2) dengan perilaku pemberian ASI eksklusif (Y).

KeywordsHubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Perilaku Pemberian ASI Eksklusif
Type of WorkUndergraduate Thesis
Citation Key1224
You are here