Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Frame Berita Mengenai Konflik Antara FPI Dengan Ahmadiyah Selama Periode Januari-Desember 2012 Pada Metrotvnews.com

TitleFrame Berita Mengenai Konflik Antara FPI Dengan Ahmadiyah Selama Periode Januari-Desember 2012 Pada Metrotvnews.com
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsPARASIAN, ROBERT
Call NumberKOM.532
Other NumbersF1C008082
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published09/2013
Abstract

Pembuatan berita dalam media pada dasarnya adalah penyusunan realitas-realitas hingga membentuk sebuah cerita atau wacana yang bermakna. Dengan demikian seluruh isi media tidak lain adalah realitas yang telah dikonstruksikan (constructed reality) dalam bentuk wacana yang bermakna. Realitas yang sama dapat menghasilkan berita yang dikemas berbeda oleh media. Hal tersebut dapat terjadi karena media mempunyai cara pandang yang tidak sama dalam melihat sebuah realitas. Dan untuk mengetahui bagaimana realitas dibingkai, dikonstruksi, dan dimaknai oleh media, hal tersebut dapat dikaji dengan menggunakan analisis framing. Framing merupakan metode penyajian realitas di mana kebenaran tentang suatu kejadian tidak diingkari secara total, melainkan dibelokkan secara halus, dengan memberi penonjolan terhadap aspek-aspek tertentu, dengan menggunakan istilah-istilah yang punya konotasi tertentu, dan dengan bantuan foto, karikatur, dan alat ilustrasi lainnya. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana konstruksi media online metrotvnews.com dalam mengemas pemberitaan mengenai konflik yang terjadi antara organisasi masyarakat Front Pembela Islam (FPI) dengan ajaran Ahmadiyah selama periode Januari-Desember 2012. Dengan kata lain ingin mengetahui bagaimana proses pembingkaian yang dilakukan oleh metrotvnews.com dalam menyajikan realitas pemberitaan konflik yang terjadi tersebut dengan menggunakan model analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang dirumuskan kedalam empat struktur yaitu sintaksis, skrip, tematik dan retoris.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan oleh metrotvnews.com dalam berita konflik yang terjadi antara FPI dengan Ahmadiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode penelitian yang digunakan yakni metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Objek dalam penelitian ini adalah berita mengenai konflik yang terjadi antara FPI dengan Ahmadiyah selama periode Januari-Desember 2012.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada struktur Sintaksis metrotvnews.com menonjolkan pada kesigapan aparat keamanan untuk mencegah agar konflik tersebut tidak terjadi lagi dan sikap dari FPI yang menuntut agar Ahmadiyah dibubarkan. Skrip, pada struktur ini lebih banyak penonjolan pada what (apa), who (siapa), dan why (mengapa). Tematik, metrotvnews.com memberi penonjolan pada kegagalan pemerintah dan kesigapan dari aparat keamanan. Terakhir stuktur Retoris, pada struktur ini metrotvnews.com memadukan unsur grafis berupa judul yang dicetak tebal, tampilan foto dan video, elemen pengandaian, dan elemen gaya untuk mendukung naskah berita dengan ideologi yang masuk di dalamnya.

KeywordsAnalisis framing, konflik, media online
Citation Key1294
You are here