Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Evaluasi Implementasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMPN 2 Sindang Kab.Indramayu.

TitleEvaluasi Implementasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMPN 2 Sindang Kab.Indramayu.
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsNurfahmi, Taufiq Ade
Call NumberANE.693
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published08/2013
Abstract

Pendidikan pada era globalisasi telah berkembang pesat, mengingat kondisi pendidikan di Indonesia menurun maka bangsa Indonesia perlu mengkaji lebih mendalam bagaimana struktur pembangunan nasional untuk masa depan.
Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di Indonesia yaitu dengan diadakannya program-program yang dapat bermanfaat untuk pembangunan pendidikan tersebut. contohnya dengan diadakannya program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) pada sekolah-sekolah yang sudah memenuhi kualifikasi pendidikan Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana evaluasi implementasi yang didapat dari program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang dilakukan oleh SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu. Proses penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk pengambilan Informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana teknik pemilihan informan ini berdasarkan sumber data dengan pertimbangan (orang yang dianggap paling memahami mengenai harapan dalam penelitian ini). Penelitian ini menggunakan model kesesuaian tiga arah menurut Corten dan Syahrir yaitu program, penerima program dan organisasi pelaksana.
Berdasarkan hasil penelitian dipandang pada program yang telah dilakukan oleh SMP Negeri 2 Sidang itu mengikuti proses perencanaan yang diberikan oleh pemerintah oleh sekolah-sekolah yang berstatus RSBI dengan cara mensosialisasikan program tersebut kepada seluruh warga sekolah, dan mampu
menerima serta melaksanakan program RSBI tersebut dengan maksimal dan telah terbukti SMP Negeri 2 Sindang mampu mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya baik itu kemampuan Skill, kelengkapan sarana dan prasarana, serta dukungan dari pihak luar. Pencapaian keberhasilan program RSBI di SMPN 2 Sindang dapat dikatakan kurang maksimal, hal tersebut dilihat pada tidak stabilnya hasil ujian nasional yang semakin menurun. apabila dikaitkan dengan keputusan mahkamah konstitusi (MK) bahwa RSBI harus dtiadakan memang benar adanya, karena dari semua aspek antara RSBI dengan SSN terdapat perbedaaan anggaran dan pembiayaan, kastanisasi pendidikan di Indonesia, lunturnya nasionalisme generasi muda Indonesia, karena RSBI menggunakan bahasa Inggris dalam pengantar belajar, serta dalam hasil UAN hasil RSBI dengan SSN tidak jauh berbeda.

KeywordsEvaluasi Implementasi, Organisasi Pelaksana, Penerima, program
Citation Key1245
You are here