Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Eksistensi Komunitas Metalhead Di Tengah Perkembangan Musik Metal Di Purwokerto

TitleEksistensi Komunitas Metalhead Di Tengah Perkembangan Musik Metal Di Purwokerto
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsPermana, Aditya
Call NumberSOS.815
Other NumbersF1A011059
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published09/2016
Abstract

Penelitian ini berjudul Eksistensi Komunitas Metalhead di tengah Perkembangan Musik Metal di Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan tentang eksistensi komunitas metalhead di Purwokerto.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan metode analisis model interaktif Milles dan Huberman. Untuk menjamin validitas data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan dari banyaknya kendala, minimnya peralatan, media, hingga dengan fasilitas yang amat sangat memadai saat ini, musik metal dan komunitas metalhead akan selalu eksis. Karena musik metal merupakan suatu bentuk alternatif dari musik mainstream. Selain itu juga, pengaruh dan peranan dari para musisi dan komunitas selalu ada didalamnya untuk terus bersama-sama saling mendukung dan melahirkan regenerasinya. Dalam peranannya, komunitas Purwokerto metalhead telah memberikan kontribusi yang cukup besar di dalam perkembangan musik metal di Purwokerto. Mulai dari penyelenggaraan event metal dari yang kecil sampai yang besar, dimana event tersebut ditujukan sebagai wadah para musisi metal untuk mengekspresikan, menuangkan karyanya, serta memunculkan bibit-bibit baru. Selain itu mereka juga memiliki kegiatan usaha seperti sablon kaos, untuk membuat kaos merchandise band yang ditujukan untuk saling mendukung sesama band metal. Dan juga selalu berkarya untuk membuktikan keeksisannya di dalam perkembangan musik metal di Purwokerto. Berbagai macam kegiatan dan peranan yang dilakukan para komunitas Purwokerto metalhead di dalam perkembangan musik metal merupakan suatau bentuk eksistensi mereka yang tidak akan pernah meredup sampai kapanpun.

KeywordsKomunitas Matalhead, Musik Metal
Citation Key2848
You are here