Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Tingkat Profesionalisme Guru yang Sudah Menerima Sertifikasi dan Guru yang Belum Menerima Sertifikasi (Studi Komparasi di SD Negeri Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas)

JudulTingkat Profesionalisme Guru yang Sudah Menerima Sertifikasi dan Guru yang Belum Menerima Sertifikasi (Studi Komparasi di SD Negeri Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsK, Bunga Rakhmania
Call NumberANE.990
Other NumbersF1B012006
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published04/2017
Abstract

Sertifikasi guru adalah proses pemberian pengakuan bahwa seseorang telah mempunyai kompetensi untuk melaksanakan pelayanan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu, setelah dinyatakan lulus uji kompetensi yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi. Program sertifikasi guru diharapkan dapat meningkatkan tingkat profesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar. Profesionalisme sendiri merupakan suatu kondisi, arah, nilai, tujuan, dan kualitas dari suatu keahlian dan kewenangan yang berkaitan dengan mata pencaharian seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat profesionalisme guru yang sudah menerima sertifikasi dengan guru yang belum menerima sertifikasi. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif komparasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah t-test atau uji beda. Sasaran pada penelitian ini adalah guru-guru yang sudah menerima sertifikasi dan guru-guru yang belum menerima sertifikasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat profesionalisme guru yang sudah menerima sertifikasi dan guru yang belum menerima sertifikasi terdapat perbedaan. Tingkat profesionalisme guru yang sudah menerima sertifikasi lebih tinggi dari guru yang belum menerima sertifikasi. Dari 10 dimensi, terdapat 6 dimensi yang menyatakan adanya perbedaan yaitu dimensi menguasai bahan ajar, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran, mengenal fungsi dan
program layanan BP, mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah. Kemudian 4 dimensi berikutnya menyatakan tidak terdapat perbedaan yaitu dimensi menggunakan media sumber, menguasai landasan kependidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran.

Kata Kunci: Profesionalisme, Sertifikasi Guru

SUMMARY

Teacher certification is the process of awarding recognition that someone has had the competence to carry out the educational services on specific education unit, once the declared competence held by certification agencies. Teacher certification program is expected to increase the level of professionalism of teachers in learning activities. Professionalism is itself a condition, direction, values, goals, and the quality of the expertise and authority associated with a person's livelihood. The purpose to determine how much the level of professionalism of teachers who have received certification by teachers who have not received the certification. Method in this study is a quantitative comparison. The analysis technique used in this study is a t-test or a different test. Goal of this research is the teachers who have received certification and teachers who have not received the certification. The sampling technique used was probability sampling by using simple random sampling is taking members of the sample of the population was randomly without regard to strata that exist in this population. Data collected through questionnaires, interviews and documentation. The results showed that the level of professionalism of teachers who have received certification and teachers who have not received the certification there is a difference. The level of professionalism of teachers who have received certification higher than teachers who have not received the certification. Of the 10 dimensions, there are six dimensions stating the difference in the dimensional control of materials, managing teaching and learning program, manage classrooms, assess student achievement for the sake of teaching, to know the function and BP service program, recognize and administer the school. Then the next four dimensions stated that there is no difference dimensions using media sources, mastering educational foundation, manages the interaction of teaching and learning, to understand the principles and interpret the results of educational research for the purpose of teaching.

Keyword: Professionalism, Teacher Certification

KeywordsProfesionalisme, Sertifikasi Guru
Citation Key3032
You are here