Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

TENAGA KERJA OUTSOURCING (STUDI IMPLEMENTASI SISTEM OUTSOURCING DI PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN PURWOKERTO)

JudulTENAGA KERJA OUTSOURCING (STUDI IMPLEMENTASI SISTEM OUTSOURCING DI PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN PURWOKERTO)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsNISYAH, MARDIYATUN
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPURWOKERTO
Year of Publication2012
Date Published12/2012
Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian Negara adalah diterapkannya sistem outsourcing dalam dunia usaha baik sektor public maupun sektor privat. Hal ini selain untuk menciptakan efisiensi dalam pengelolaan perseroan, juga untuk menyerap tenaga kerja lebih banyak,
khususnya di lingkungan BUMN. Namun dalam pengimplementasiannya tidak dirasakan seimbang manfaatnya antara pemberi kerja dengan tenaga kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi system outsourcing di sektor publik, khususnya di PT PLN (Persero) APJ Purwokerto. Adapun fokus yang dikaji adalah konten dan konteks kebijakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan dipilih dengan menemukan key informan dan selanjutnya menggunakan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti menggunakan metode analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi system outsourcing PT PLN (Persero) APJ Purwokerto terdapat kelemahan-kelemahan. Dalam hal ini tenaga kerja yang paling ditekankan untuk bekerja maksimal tetapi kurang didukung dengan kesejahteraan yang layak dari vendor ataupun dari PT. PLN. Hal ini ditambah lagi dengan kurangnya perhatian terhadap UU Ketenagakerjaan dan kurangnya tertib administrasi dari pelaksana kebijakanmenambah implementasi sistem outsourcing ini lebih memberatkan tenaga kerja.

KeywordsImplementasi Kebijakan, Outsourcing, Sektor Publik, Tenaga Kerja
Citation Key1096
You are here