Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Tamu dari Jepang

Akhir Agustus dan awal September FISIP sangat beruntung mendapat tamu dari luar negeri dari Jepang yang terbagi dalam beberapa rombongan. Rombongan tamu pertama pada tanggal 29 Agustus sampai 2 Spetember adalah Mr. Ueno Katsujiro, seorang translator dan motivator dari Jepang, Mr. Taiji Wake seorang Higher Education Policy Maker dari JICA Export (beserta isteri), dan Mr. Katsuhiro Taniguchi, koordinator international exchange center dari Osaka International University, berserta tujuh orang mahasiswanya. Rombongan berikutnya datang pada tanggal 6 September 2013 yakni Mr. Yamada Izumi dari Hosei University beserta tiga orang mahasiswa.

Selaku tuan rumah FISIP harus memberikan hospitality yang terbaik. Saya langsung terlibat untuk menerima dan mendampingi mereka dalam berkegiatan di FISIP, dari acara formal sampai acara informal sekedar ramah tamah. Tak lupa saya kenalkan juga dengan kuliner asli Banyumas, mendoan. Ketika menikmati mendoan, respon mereka adalah oishiiii…. Dalam bahasa kita ueenak… Dapat juga dilihat dari ekspresi mereka ketika menyantap mendoan. Saya jelaskan juga bahwa mendoan adalah makanan khas Banyumas yang hanya ada di Banyumas. Di tempat lain ada namun rasa dan sensasinya berbeda dengan mendoan Banyumas. Disamping kuliner, kepada tamu Jepang juga saya kenalkan obyek wisata andalan kita yaitu Baturraden, dan pusat Batik Banyumas di Sokaraja.

Walaupun tugas semacam ini bisa saya limpahkan kepada orang lain, namun untuk menghormati tamu dan memberikan kesan yang baik untuk hospitality FISIP, saya antar sendiri tamu-tamu tersebut. Di samping itu saya juga ingin menunjukkan kepada para staf FISIP tentang bagaimana kita seharusnya menerima tamu dari luar negeri. Hospitality adalah segala-galanya.

Semoga apa yang saya lakukan semakin memperkenalkan FISIP dan Banyumas ke mancanegara, dan tentu saja semoga langkah kecil ini dapat mengarah kepada visi Unsoed untuk menjadi Wordl Class Civic University.

You are here