Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Strategi Marketing Public Relations PT. Pos Indonesia (PERSERO) Purwokerto dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

JudulStrategi Marketing Public Relations PT. Pos Indonesia (PERSERO) Purwokerto dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsAdityasari, Mauliyana Puspa
Call NumberKOM.829
Other NumbersF1C013070
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published05/2017
Abstract

Perkembangan internet kini mulai diikuti dengan menjamurnya jual beli online. Jual beli online ini mengharuskan barang dikirimkan ke tempat tujuan. Dengan begitu, meningkatnya jual beli online ini otomatis akan diikuti dengan meningkatnya kebutuhan transportasi barang dari satu tempat ke tempat lain. Dengan adanya fenomena tersebut maka tidak heran jika banyak bermunculan perusahaan jasa pengiriman barang. Semakin banyaknya perusahaan jasa pengiriman barang yang tersedia membuat perusahaan-perusahaan ini harus bersaing dengan sangat ketat.
Penelitian ini membahas tentang strategi marketing public relations PT. Pos Indonesia
(Persero) Purwokerto dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Kantor Pos Purwokerto dalam
mempertahankan loyalitas pelanggannya, walaupun ada banyak perusahaan sejenis yang
bermunculan, namun sampai saat ini Kantor Pos masih eksis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini yakni dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam serta studi dokumentasi dan untuk validitas menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi marketing public relations yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) Purwokerto adalah (1) pendekatan pelanggan secara personal
agar pelanggan merasa lebih diperhatikan, (2) memberikan pelayanan yang prima karena pelanggan adalah raja, (3) mengadakan special event secara berkala agar menarik perhatian
pelanggan, (4) melakukan publikasi melalui media massa, serta publikasi yang disebut ‘owabong’ atau wajib ngomong yang tujuannya untuk mengenalkan produk-produk Pos agar dapat mempengaruhi seseorang memakai jasa perusahaan PT. Pos Indonesia.

KeywordsPT. Pos Indonesia (Persero) Purwokerto, loyalitas pelanggan, marketing public relations
Citation Key3077
You are here