Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Strategi Komunikasi Yayasan Alzheimer Indonesia Cabang Yogyakarta Dalam Kampanye Awareness Raising “Jangan Maklum Dengan Pikun”

JudulStrategi Komunikasi Yayasan Alzheimer Indonesia Cabang Yogyakarta Dalam Kampanye Awareness Raising “Jangan Maklum Dengan Pikun”
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsFebianisari, Nadhira
Call NumberKOM.856
Other NumbersF1C013076
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published09/2017
Abstract

Penelitian ini berjudul Yayasan Alzheimer Indonesia Cabang Yogyakarta Dalam Kampanye Awareness Raising “Jangan Maklum Dengan Pikun”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Yayasan Alzheimer Indonesia dalam kegiatan kampanye untuk peningkatan kesadaran dan pemahaman mengenai alzheimer di masyarakat kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah relawan Yayasan Alzheimer Indonesia cabang Yogyakarta yang terlibat dalam strategi komunikasi kampanye “Jangan Maklum Dengan Pikun” yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan Yayasan Alzheimer Indonesia cabang Yogyakarta dalam kegiatan kampanye awareness raising adalah melalui pemilihan sasaran kampanye dan komunikator penyampai pesan mengenai alzheimer, meningkatkan pemahaman melalui kegiatan memory walk, caregiver meeting, bedah film, pembuatan artikel informatif, dan penyediaan narasumber untuk kegiatan seminar, pemanfaatan media melalui poster, banner, TV, radio, film, website, dan facebook. Hambatan yang mucul dalam proses strategi tersebut adalah hambatan semantik, yaitu adanya perbedaan pemahaman mengenai beberapa istilah medis yang digunakan dalam kegiatan kampanye.

KeywordsKampanye, Strategi Komunikasi, alzheimer, awareness raising
Citation Key3169
You are here