Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

STRATEGI BELAJAR MAHASISWA BEKERJA PART TIME YANG SEDANG MENYELESAIKAN PENYUSUNAN SKRIPSI (Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto)

JudulSTRATEGI BELAJAR MAHASISWA BEKERJA PART TIME YANG SEDANG MENYELESAIKAN PENYUSUNAN SKRIPSI (Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSuryandaru, Gilang
Call NumberSOS.995
Other NumbersFIA 011079
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published09/2018
Abstract

Fenomena mahasiswa bekerja part time bukan lagi hal yang baru. Mahasiswa yang bekerja part time tersebut, mencari penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhan kuliah yang semakin banyak. Kuliah sambil bekerja tidak lagi menjadi sesuatu hal yang langka dan hanya dilakukan mahasiswa dengan kondisi ekonomi yang kurang mampu, bahkan mahasiswa dengan status ekonomi yang cukup juga tidak jarang yang bekerja sambilan. Fenomena ini sangat menarik ditambah adanya peluang usaha bagi mahasiswa. Namun, suatu hal akan memiliki pengaruh positif dan negatif, dan pengaruh buruk tersebut di antaranya terhadap kelancaran mahasiswa dalam menyusun skripsi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan strategi belajar mahasiswa bekerja part time yang sedang menyelesaikan tugas akhir pada mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, dan untuk mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi mahasiswa bekerja part time yang sedang menyelesaikan tugas akhir pada mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Penelitian ini dilakukan di tempat mahasiswa bekerja part time di Kota Purwokerto, dengan menggunakan metode kualitatif, dan pendekatan studi kasus. Sasaran dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan gabungan/triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu strategi belajar mahasiswa bekerja part time yang sedang menyelesaikan tugas akhir pada mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto adalah dengan memanfaatkan waktu luang pada saat dan setelah bekerja. Kendala yang dihadapi mahasiswa bekerja part time yaitu benturan waktu kerja dengan kuliah serta kelelahan fisik akibat bekerja. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memilih jenis kerja part time yang jam kerjanya bisa mengatur sendiri atau dengan sistem shift kerja. Selain itu, mahasiswa perlu memiliki motivasi yang kuat untuk menyelesaikan studinya. Motivasi mahasiswa untuk bekerja part time selain karena faktor ekonomi untuk biaya kuliah, Tampakknya perlu dipertimbangkan lagi sehingga keinginan untuk memiliki pengalaman dalam bekerja tidak mengorbankan waktu kuliah.

Keywordspart time, strategi, tugas akhir
Citation Key3528
You are here