Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Solidaritas Sosial dalam “Peterpan” (Studi tentang Solidaritas Antaranggota Grup Band Peterpan sebagaimana yang Dideskripsikan dalam Buku “Kisah Lainnya” [2012] )

JudulSolidaritas Sosial dalam “Peterpan” (Studi tentang Solidaritas Antaranggota Grup Band Peterpan sebagaimana yang Dideskripsikan dalam Buku “Kisah Lainnya” [2012] )
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsHermawan, Yosica Adhe
Call NumberSOS.821
Other NumbersF1A010022
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published09/2016
Abstract

Di Indonesia, terdapat beberapa grup musik yang mengalami perpecahan akibat salah satu personelnya terjerat kasus hukum, hingga berujung pada dikeluarkannya personel bahkan berakibat perpecahan dan pembubaran grup band tersebut. Kelompok sosial merupakan kesatuan individu yang saling berinteraksi dan bekerja sama. Hubungan-hubungan tersebut akan menumbuhkan solidaritas social masing-masing anggota yang bertujuan memperkuat hubungan sosial dalam mencapai tujuan bersama. Terdapat fenomena perpecahan dalam sebuah kelompok sosial, khususnya dalam bentuk band. Di tengah maraknya perpecahan tersebut, terdapat salah satu band yang masih mempertahankan solidaritas dalam mempertahankan eksistensinya.
Penelitian ini berjudul “Solidaritas Sosial dalam “Peterpan” (Studi tentang
Solidaritas Antaranggota Grup Band Peterpan sebagaimana yang Dideskripsikan dalam Buku Kisah Lainnya [2012] )”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solidaritas sosial anggota grup band Peterpan yang diungkapkan dalam buku “Kisah Lainnya”. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis hermeneutika dari Hans Georg-Gadamer, dimana tahapan analisis dibagi menjadi tiga yaitu pengumpulan data penelitian, pengklasifikasian terhadap data yang dianggap benar-benar berkaitan dengan topik penelitian, interpretasi Hermeneutik Terhadap Buku “Kisah Lainnya” karya para personel Peterpan. Hasil yang diperoleh dari analisis hermeneutika dalam buku “Kisah Lainnya” adalah adanya solidaritas sosial dalam grup band Peterpan. Solidaritas tersebut berupa pengertian, bentuk-bentuk, serta upaya-upaya para personel untuk menjaga solidaritas sosial didalamnya. Implikasi dalam penelitian ini adalah menjadikan solidaritas sebagai dasar kekuatan sebuah kelompok, khususnya band agar hubungan yang mereka bentuk bukan hanya bersifat kontraktual semata sehingga grup band tersebut dapat eksis di industri musik tanah air.

KeywordsGroup Band Peterpan
Citation Key2854
You are here