Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Sikap Hizbut Tahrir Indonesia Regional Unsoed terhadap Demokrasi

JudulSikap Hizbut Tahrir Indonesia Regional Unsoed terhadap Demokrasi
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsYusuf, Arifin
Call NumberSOS.785
Other NumbersF1A011074
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published05/2016
Abstract

Penelitian ini berjudul Sikap Hizbut Tahrir Indonesia Regional UnsoedTerhadap Demokrasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sikap danpandangan Hizbut Tahrir terhadap demokrasi. Tujuan lainnya adalah untukmengetahui apa tawaran Hizbut Tahrir untuk mengganti sistem demokrasi.
Penelitian ini dilaksanakan di sekretariat Hizbut Tahrir IndonesiaKabupaten Banyumas yang berada di Gang Banowati no.4 JatiwinangunPurwokerto. Sasaran utama penelitian adalah mahasiswa, dosen, atau karyawanyang masuk ke dalam anggota Hizbut Tahrir. Metode peneltian yang digunakanadalah metode kualitatif-deskripsi dengan sampel yang diambil secara purposivesampling. Metode analisis yang dipakai dengan model analisis interaktif dan ujivaliditasnya dengan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bagaimana Hizbut Tahrir sangat menentangdemokrasi yang menjadi sistem dan dipakai di Indonesia. Secara tegas HizbutTahrir menolak seluruh ajaran yang ada di dalam sistem demokrasi. Demokrasidianggap sebagai ideologi yang merusak moral kehidupan umat. Dalamkehidupan bernegara, demokrasi akan menyebabkan sistem hukum yang dipakaisebuah negara tidak berdasar hukum syariat Islam. Menurut Hizbut Tahrir,demokrasi inilah yang menyebabkan banyaknya terjadi kerusakan dankriminalitas. Maka dari itu, Hizbut Tahrir menawarkan sebuah konsep politikIslam yaitu Khilafah, yang secara garis besar adalah sistem yang berfungsi untuk
mengembalikan kehidupan syariat Islam sekaligus menerapkan ajaran Islamdalam segala sendi kehidupan.
Adapun hasil dari penelitian, bisa ditarik kesimpulan bahwa Hizbut Tahriradalah kelompok pergerakan Islam yang fokus mengembalikan kejayaan Islammelalui dunia politik. Mereka juga aktif dalam berbagai kegiatan dakwah merekadengan tujuan menyadarkan masyarakat tentang kehidupan Islam. Oleh karenaitu, secara implikatif Hizbut Tahrir harus memiliki anggota yang komitmen danahli, guna menjaga semangat memperjuangkan syariat Islam.

KeywordsDemokrasi., Hizbut Tahrir Indonesia, Khalifah, Khilafah
Citation Key2723
You are here