Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Seminar Nasional dan Call for Paper Bertema Anak, Perempuan dan Perubahan Sosial Semarakkan Dies Fisip 2016

Anak merupakan aset masa depan sebuah bangsa. Masa depan sebuah bangsa tergantung pada potensi dan kualitas anak saat ini. Posisinya anak dalam hal ini sangat strategis. Persoalan yang kemudian muncul manakala terjadi ketidakutuhan dalam perkembangan fisik, mental, dan spiritual anak yang diakibatkan oleh faktor internal maupun eksternal.

Menurut Ketua Panitia Dr. Tyas Retno Wulan, “Kekerasan pada anak yang terjadi di Indonesia dalam catatan Komisi Perlindungan Anak Indonesia selalu meningkat setiap tahun, baik anak sebagai korban ataupun pelaku kekerasan”. Lokus kejadian kekerasan pada anak pada umumnya yaitu di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. “Anak sebagai pelaku kekerasan sebagian besar karena mereka pernah menjadi korban kekerasan sebelumnya atau pernah melihat kekerasan dilakukan kepada anak lain dan menirunya,” tegasnya. Selain kekerasan pada anak, kekerasan yang terjadi di sekitar kita juga menimpa pada perempuan.

Dengan latar belakang itulah sebagai wujud upaya untuk berkontribusi dalam memberikan perlindungan terhadap anak dan perempuan dalam perubahan sosial maka Fisip Unsoed akan mengadakan seminar nasional dan call for paper dalam rangka Dies Natalis K-32 pada tahun 2016. Seminar yang bertema ‘Anak, Perempuan dan Perubahan Sosial’ ini menghadirkan pembicara Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia Arist Merdeka Sirait, Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, Nurul Qoiriyah dari International Organization Migration Hongkong dan akademisi FISIP Unsoed Nanang Martono, Ph.D. Beberapa sub tema yang diangkat adalah Kebijakan dan Perlindungan terhadap Anak dan Perempuan, Politik Perempuan dan Perubahan Sosial, Globalisasi dan Human Trafficking, Isu Perempuan dan Anak dalam Media dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Seminar akan dilaksanakan pada hari Senin, 21 November 2016, bertempat di Aula FISIP Unsoed pada pukul 08.00 WIB. Batas pengiriman abstrak pada setiap sub-tema paling lambat tanggal 17 September 2016, sedangkan full-paper diterima panitia paling lambat pada tanggal 17 Oktober 2016 melalui email panitia di alamat e-mail; semnasfisip2016@gmail.com. Artikel dari para peserta yang telah di presentasikan dalam Seminar Nasional akan didokumentasikan dalam bentuk prosiding full paper yang ber-ISBN. Informasi dan pendaftaran dapat menghubungi Sri Wijayanti, S.IP., M.Si (085641291011); Miftah Arifudin (085227508413) dan Dwi Yulianto (082220069650).

FISIP Unsoed, Maju Terus Pantang Menyerah.....!!!
 

You are here