Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Relevansi Nilai Moral dalam Cerita Rakyat Putri Ayu Limbasari pada Perilaku Masyarakat Desa Limbasari

JudulRelevansi Nilai Moral dalam Cerita Rakyat Putri Ayu Limbasari pada Perilaku Masyarakat Desa Limbasari
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsWahyuni, Winda Nurul
Call NumberF1A008061
Other NumbersSOS.597
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published12/2013
Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis relevansi nilai moral dalam cerita rakyat Putri Ayu Limbasari pada perilaku masyarakat Desa Limbasari. Penelitian ini dilatarbelakangi karena cerita rakyat banyak mengandung nilai luhur kepribadian bangsa yang dapat dijadikan pedoman hidup oleh masyarakat, termasuk cerita rakyat Putri Ayu Limbasari yang ada di Desa Limbasari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat Putri Ayu Limbasari khususnya nilai moral yang berhubungan antara manusia dengan manusia dan untuk mengetahui relevansi nilai moral dalam cerita Putri Ayu Limbasari pada perilaku masyarakat Desa Limbasari. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan tekhnik pemilihan informan menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat relevansi antara nilai moral yang ada dalam cerita Putri Ayu Limbasari dengan perilaku masyarakat Desa Limbasari. Nilai moral yang berhubungan antara manusia dengan manusia dalam cerita rakyat Putri Ayu Limbasari adalah nilai bekerjasama, nilai suka menolong, nilai kasih sayang, nilai kerukunan, nilai suka memberi nasihat, nilai peduli nasib orang lain dan nilai suka mendoakan orang lain, sedangkan nilai moral yang berhubungan antara manusia dengan manusia dalam cerita rakyat Putri Ayu Limbasari menurut masyarakat adalah nilai mementingkan orang lain, nilai gotong royong, nilai cinta damai, nilai kasih sayang, nilai kerukunan, dan nilai saling menghormati.
Nilai moral dalam cerita Putri Ayu Limbasari oleh masyarakat Limbasari diimplementasikan dalam bentuk pola berfikir dan tindakan yang mencontoh pola perilaku dan tindakan tokoh-tokoh dalam cerita Putri Ayu Limbasari. Pada umumnya asal pengetahuan masyarakat mengenai cerita Putri Ayu Limbasari didapatkan dari orang tua, guru, buku dan penelitian. Mereka memiliki pemahaman yang hampir sama, walaupun pada cara penyampaiannya terdapat perbedaan, namun inti pemahaman mengenai nilai moral dalam cerita Putri Ayu Limbasari adalah berkutat pada nilai mementingkan orang lain, nilai gotong royong, nilai cinta damai, nilai kasih sayang, nilai kerukunan dan nilai saling menghormati

KeywordsCerita Rakyat, Nilai Moral, Perilaku Masyarakat
Citation Key1430
You are here