Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Relasi Negara dan Kelompok Agama (Konflik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor Dengan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin Dalam Perijinan Pendirian Rumah Ibadah)

JudulRelasi Negara dan Kelompok Agama (Konflik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor Dengan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin Dalam Perijinan Pendirian Rumah Ibadah)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsKadriansyah, Mohmmmad
Call NumberPOLS.277
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto, Jawa Tengah
Year of Publication2013
Date Published06/2013
Abstract

Artikel penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan relasi negara dan kelompok agama terkait konflik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dengan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin dalam perijinan pendirian rumah ibadah. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus dalam paradigma nonpositivis, khususnya konstruktivisme. Artikel penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan menjelaskan dinamika serta relasi negara dan kelompok agama terkait konflik dalam perijinan pendirian rumah ibadah GKI Yasmin di Kota Bogor. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus dalam paradigma nonpositivis, khususnya konstruktivisme. hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa konflik antara Pemkot Bogor dengan GKI Yasmin menunjukkan buruknya relasi antara negara dengan kelompok masyarakat dikarenakan belum menemui titik temu penyelesaian bagi kedua pihak hingga saat ini. Selain itu, hasil penelitian tersebut juga membuktikan bahwa benturan kepentingan antara kelompok masyarakat yang pro dan kontra sangat berpotensi melahirkan konflik. Melalui unjuk rasa, kelompok masyarakat yang kontra menolak pembangunan gereja kepada Pemkot Bogor. Di sisi lain kelompok masyarakat yang pro melakukan aksi beribadah di trotoar dan Istana Merdeka Jakarta. Aksi tersebut sebagai bentuk lemahnya negara dalam mengakomodir kepentingan masyarakat sehingga negara pun ikut terlibatdi dalam konflik tersebut yang menimbulkan kepentingan-kepentingan politik di dalamnya.

KeywordsCivil society, konflik, Negara
Type of WorkUndergraduate Thesis
Citation Key1189
You are here