Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

PROSES DELIBERATIF DALAM KEBIJAKAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) (Model Pada Masyarakat Rentan Sosial Di Kelompok Bermain Satria Rahayu Purwokerto)

JudulPROSES DELIBERATIF DALAM KEBIJAKAN LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) (Model Pada Masyarakat Rentan Sosial Di Kelompok Bermain Satria Rahayu Purwokerto)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsMUHADJIR, QODIR
Call NumberMAP.029
Other NumbersP2FB11051
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published05/2017
Abstract

Proses deliberatif merupakan proses yang biasa terjadi pada mayarakat Indonesia dalam alam demokrasi. Kehidupan berdemokrasi di Indonesia terjadi pada seluruh lapisan masayrakat tak terkecuali di kampung Sri Rahayu Purwokerto Selata Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Kampung ini terkumuh di kota Purwokerto dan menyandang permasahan sosial. Anak-anak usia PAUD di kampung Sri Rahayu pada umumnya merupakan aset bagi para orang tua sebagai mesin pencetak uang. Keterlibatan anak-anak dalam mengemis dan mengamen memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap penghasilan mereka dalam menopang kehidupan keluarganya. Dengan didirikannya lembaga PAUD KB Satria Rahayu maka anak-anak mereka harus meninggalkan kegiatan rutinitasnya di jalanan dan masuk kesekolah. Kenyataan tersebut tidak menguntungkan bagi para orang tua di kampung Sri Rahayu. Bercermin pada kompleksitas problematika di kampung Sri Rahayu, proses deliberatif dalam penyelenggaraan pendidikan PAUD di atas menjadi menarik untuk ditelaah. Tujuan Penelitian mengetahui dan mengkaji proses deliberatif, peran pemerintah (birokrasi), peran para stakeholder dan faktor apa saja yang mempengaruhi proses deliberatif dalam penyelenggaraan PAUD pada komunitas rentan sosial di KB Satria Rahayu Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yang cenderung ke penelitian aksi partisipatif (Panticipatory Action Research) karena keterlibatan peneliti pada proses pendampingan penyelenggaraan PAUD di kampung Sri Rahayu sejak dari awal.
Hasil penelitian bahwa proses deliberatif, peran pemerintah (birokrasi), stakeholder dan berbagai faktor dalam kebijakan layanan pendidikan berimplikasi terhadap sukses dan tidaknya program layanan pendidikan di masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti membagi 2 proses deliberatif secara garis besar: 1)Proses deliberatif dalam proses pendirian PAUD dipengaruhi oleh berbagai aspek yang meliputi informasi yang diterima masyarakat tentang PAUD, partisipasi warga masyarakat dalam pendirian, ruang diskursif terbuka dan keterwakilan kepentingan masyarakat dalam proses deliberatif. Penetapan agenda dalam proses deliberatif mempunyai aspek-aspek; fasilitasi untuk bermusyawarah, prosedur pengaturan, kesetaraan dan konsensus yang dihasilkan. Sementara itu pelembagaan proses deliberatif mempunyai aspek-aspek; keputusan dalam musyawarah, peserta, waktu dan tempat dan kesetaraan. Dimana kesemua aspek dipengaruhi sumberdaya masyarakat yang meliputi aspek tingkat pendidikan masyarakat, pendapatan, keadaan sosial dan keadaan lingkungan tempat tinggal. 2)Bentuk demokrasi deliberatif dalam proses penyelenggaraan pendidikan PAUD di KB Satria Rahayu adalah parenting. Kegiatan parenting merupakan musyawarah antara orang tua atau wali murid dengan pihak sekolah dan juga masyarakat. Proses dan usaha yang dilakukan orang tua/wali murid, sekolah dan masyarakat, dalam kerangka komponen analisis kegiatan parenting merupakan usaha untuk melaksanakan kebijakan pengembangan PAUD dalam suatu proses sosial. Interaksi yang dilakukan antara orang tua/wali murid, sekolah dan masyarakat, dalam kegiatan parenting adalah bentuk pengembangan dari proses deliberatif, dengan demikian ketiga hasil analisis diatas dapat dikategorikan sebagai proses yang memenuhi kriteria sebagai proses demokrasi deliberatif.

KeywordsKB Satria Rahayu, kampung Sri Rahayu, proses deliberatif
Citation Key3119
You are here