Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Promosi Radio Streaming Pemuda Fm Jakarta Barat Dalam Menjaring Pendengar

JudulPromosi Radio Streaming Pemuda Fm Jakarta Barat Dalam Menjaring Pendengar
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsFitia
Call NumberKOM.838
Other NumbersF1C012039
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published05/2017
Abstract

Perkembangan radio streaming yang tergolong sangat ketat sehingga membutuhkan promosi dalam menjaring pendengar agar pendengar bersedia mendengarkan radio tersebut. Hal ini dikarenakan posisi pendengar sangat penting dalam sebuah radio, aalah satunya yakni radio Pemuda FM Jakarta Barat yang merupakan radio streaming yang mana radio ini baru berusia empat tahun sehingga memerlukan promosi yang jitu dalam menjaring pendengar. Penelitian ini membahas tentang promosi radio streaming PemudaFM dalam menjaring pendengar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menjelaskan promosi yang dilakukan radio streaming Pemuda FM dalam menjaring pendengar. Metodeo yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah orang yang mengetahui promosi yang dilakukan radio PemudaFM. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis menurut Miles dan Huberman yang di dalamnya terdiri dari tiga macama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa radio streaming PemudaFM Jakarta Barat dalam menjaring pendengar melalui kegiatan promosi berupa promosi offline, promosi online, dan promosi on air. Promosi offline adalah promosi yang dilakukan diluar studio antara lain, program bersuara, kegiatan ulang tahun, dan menghadiri acara komunitas dan media partner. Promosi online adalah promosi radio PemudaFM
yang dilakukan melalui interenet antara lain website radio PemudaFM dan jejaringan sosial radio PemudaFM. Promosi on air adalah promosi yang dilakukan di media sendiri (radio PemudaFM ) antara lain promosi program dan ikutan siaran. Dari hasil analisis AIDA (attention, interest, desire, Action), promosi radio PemudaFM yakni tahap Attention, radio PemudaFM melakukan promosi melalui jejaringan sosial dan menghadiri acara komunitas dan media partner; tahap Interest, radio PemudaFM memberikan konten-konten yang bermanfaat bagi anak muda serta kampanye yang dibawakan radio PemudaFM; Tahap Desire, radio PemudaFM mengundang bintang tamu pilihan dari pendengarnya; tahap Action, radio PemudaFM membuat program bersuara dan ikutan siaran bagi pendengarnya.

KeywordsKonsep AIDA, Promosi, Radio Streaming
Citation Key3087
You are here