Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Prodi Sosiologi Gelar Festival Makanan Banyumas

Program Studi S1 Sosiologi, 24 April 2019, mengadakan Festival Makanan Banyumas dan Talkshow di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Kegiatan ini, menurut Ketua Panitia Dra Fatmah Siti Djawahir M.Si, merupakan bagian dari Mata Kuliah Perubahan Sosial, yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai perubahan sosial, teori-teori perubahan sosial dan perubahan sosial Masyarakat Banyumas.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP Unsoed Dr. Jarot Santoso, MS. menyampaikan tentang pentingnya keberadaan Universitas Jenderal Soedirman dalam perkembangan dan perubahan sosial yang ada di Kabupaten Banyumas.

Fatma mengatakan, acara ini berawal dari pemahaman bahwa makanan merupakan salah satu identitas Budaya Banyumas seperti mendoan, gethuk Sokaraja, cimplung, cenil, lupis, kluban, badeg, dawet dll, yang dapat diangkat dan dipresentasikan dalam tugas kelompok mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini. “Ini penting bagi mahasiswa, untuk mengasah pisau analisisnya yang terkait dengan Perubahan Sosial Masyarakat Banyumas,” jelas dia.

“Masyarakat Banyumas adalah masyarakat yang menggunakan sosial budaya Banyumasan, yaitu mereka yang berada di Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap (Timur) dan Kebumen Barat,” jelas Drs Bambang Widodo, M.Par., salah seorang pembicara talkshow.

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa, baik yang mengambil mata kuliah Perubahan Sosial maupun yang tidak. Selain itu, juga hadir dosen dari Jurusan Sosiologi dan jurusan lainnya di FISIP. Suasana kegiatan ini berlangsung dinamis dengan diskusi dua arah yang memecah kebekuan ,di tengah suasana awan yang agak mendung.

You are here