Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Prodi S1 Sosiologi Gelar Lokakarya Percepatan Tugas Akhir Mahasiswa

Waktu penyelesaian tugas akhir atau skripsi bagi mahasiswa prodi S1 sosiologi Unsoed menjadi masalah yang krusial. Data yang dihimpun tim Pusat Data dan Informasi Prodi S1 Sosiologi menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menyelesaikan skripsi mahasiswa dalam waktu lebih dari satu tahun. Padahal, standar waktu penyusunan skripsi adalah satu tahun. Tujuan dilaksanakannya lokakarya ini adalah meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang seluk beluk melakukan penelitian sehingga mereka dapat menyusun skripsi dalam waktu satu tahun, yang pada akhirnya target yang diharapkan adalah rata-rata masa studi mahasiswa dapat dipersingkat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, prodi S1 sosiologi mengadakan lolakarya percepatan penulisan tugas akhir. Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa semester 6 yang akan menulis proposal penelitian dan mahasiswa semester 7 dan 8 yang sedang menyusun laporan skripsi.

Lokakarya ini dilaksanakan selama dua hari, 27 - 28 September 2017. Hari pertama ditujukan bagi mahasiswa yang sedang atau akan menulis proposal skripsi. Sebagai narasumber Dr, Masrukin, M.Si., Hariyadi, PhD., Nanag Martono, PhD., dan Sulyana Dadan., M.Si. Pada hari pertama ini, mahasiswa dibekali dengan berbagai pengetahuan mengenai seluk beluk menulis proposal skripsi, Mulai perumusan masalah penelitian, penyusunan kerangka teori, penyusunan studi pustaka dan penulisan metode penelitian dalam proposal penelitian.

Hari kedua ditujukan bagi mahasiwa yang akan atau sedang menyusun laporan skripsi pasca pengumpulan data. Pemateri dalam sesi ini adalah Dr. Soetji Lestari, M.Si., Dr. Ign. Suksmadi, M.Si., Hendri Restuadhi., M.A., M.Soc., dan Dr. Tyas Retno Wulan, M.Si. Beberapa materi yang disampaikan adalah kategorisasi data, proses interpretasi data, analisis data dan cara menyusun laporan penelitian dan artikel ilmiah.
 

You are here