Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Politik Tata Ruang Kota Banjar Sebagai Daerah Pemekaran Baru di Jawa Barat

JudulPolitik Tata Ruang Kota Banjar Sebagai Daerah Pemekaran Baru di Jawa Barat
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsPrasojo, Tito Aditya
Call NumberPOL.376
Other NumbersF1D008028
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto, Jawa Tengah Indonesia
Year of Publication2015
Date Published06/2015
Publication LanguageIndonesian
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui politik implementasi kebijakan tata ruang Kota Banjar dan mengetahui kontestasi kepentingan dalam tata ruang Kota Banjar.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian ini adalah implementasi kebijakan tata ruang Kota Banjar masih belum optimal, dilihat dari RTRW belum digunakan secara optimal sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan pembangunan daerah, hal tersebut dibuktikan dari penggunaan ruang untuk industri tidak sesuai RTRW yang di ada dalam Perda No. 6 Tahun 2004 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Banjar. Kontestasi kepentingan dalam tata ruang Kota Banjar didominasi oleh keperluan untuk uang dan peningkatan ekonomi. Salah satu contoh studi kasus antara masyarakat penghuni perumahan Situbatu dan Pabrik Kayu di Kota Banjar bahwa ruangtidak hanya penting untuk tempat tinggal dan sumber mata pencaharian, melainkan jugauntuk melaksanakan kebutuhan sosial. Penggunaan ruang dalam lingkungan mereka dengan cara mengibiri eksistensi mereka adalah suatu bentuk ketidakadilan dan oleh sebab itu resistensi terhadap konflik.

Keywordskontestasi kepentingan, Kota Banjar, politik implementasi kebijakan tata ruang
Type of WorkUndergraduate Thesis
Citation Key2260
You are here