Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Sekolah Dasar Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dalam Peningkatan Literasi Media Televisi

JudulPola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Sekolah Dasar Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dalam Peningkatan Literasi Media Televisi
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsNabila, Mutiara
Call NumberMutiara Nabila
Other NumbersF1C012067
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published05/2017
Abstract

Televisi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini dan salah satu penggunanya adalah anak-anak. Selain karakter audio-visualnya yang lebih menarik, kemudahan akses juga memudahkan penggunanya untuk mendapatkan informasi. Sebagai pengguna televisi, anak usia sekolah dasar cenderung melakukan peniruan terhadap apa yang dilihatnya, maka agar anak dapat memilah tayangan yang bisa memberikan dampak baik dan buruk, anak harus terliterasi media. Karena literasi media merupakan hal yang harus dipelajari maka orang tua harus membantu anak dalam meningkatkan kemampuan literasi media televisi anak dengan memberikan penjelasan atau membuat kebiasaan menonton tv untuk anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan orang tua pada anak dalam proses peningkatan literasi media televisi. Penelitian ini menggunakan konsep pola komunikasi keluarga dan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan murid kelas 4-6 sekolah dasar Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi pada informan penelitian. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan kemudian uji validitas data dilakukan dengan cara membandingkan hasil wawancara dan observasi dari sumber data.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pola komunikasi yang tepat untuk proses peningkatan literasi media televisi pada anak adalah pola komunikasi authoritative. Dalam pola ini orang tua masih mendengarkan dan mengetahui sifat masing-masing anak sehingga mengetahui cara menangani anak untuk mengajarkan literasi media televisi, dan anak juga lebih mudah memahami penjelasan yang diberikan orang tua. Sementara itu pola komunikasi authoritarian dan permissive kurang tepat digunakan karena anak akan merasa diatur atau dibiarkan sehingga dapat timbul rasa penasaran ingin meniru apa yang dilihat dan dilarang orang tua dan dapat menyebabkan anak lebih rentan terkena dampak buruk dari televisi.

KeywordsPola Komunikasi, anak sekolah dasar, literasi media televisi
Citation Key3075
You are here