Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pola Komunikasi Keluarga dalam Film My Sister’s Keeper (Studi Analisis Isi Tentang Pola Komunikasi Keluarga Fitzgerald dalam Film My Sister’s Keeper)

JudulPola Komunikasi Keluarga dalam Film My Sister’s Keeper (Studi Analisis Isi Tentang Pola Komunikasi Keluarga Fitzgerald dalam Film My Sister’s Keeper)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsGhassani, Adlia Nindya
Call NumberKOM.768
Other NumbersF1C011066
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2016
Date Published03/2016
Abstract

Penelitian ini mengambil judul Pola Komunikasi Keluarga dalam Film My Sister’s Keeper (Studi Analisis Isi tentang Pola Komunikasi Keluarga Fitzgerald dalam Film My Sister’s Keeper). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola komunikasi keluarga yang seperti apa yang digunakan pada pasien paliatif dalam film ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi, dengan klasifikasi semantik dari Janis yang dipadukan dengan kategori dari Spradley yang disebut dengan ”kategori semantik” yang dimodifikasi. Sedangkan untuk metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi isi film dan juga studi literatur yang berkaitan dengan komunikasi keluarga pada anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah film My Sister’s Keeper ini merupakan film yang memvisualisasikan sebuah novel dari hasil penelitian terhadap komunikasi keluarga dengan pasien paliatif. Penyampaian pesan dalam bentuk verbal dan non-verbal dari pasien paliatif dapat disadari oleh semua anggota kecuali ibu dalam keluarga Fitzgerald. Peran ibu disini terkalahkan oleh ego untuk mempertahankan pasien paliatif agar tetap hidup. Dalam berkomunikasi dengan pasien paliatif keluarga Fitzgerald lebih condong menggunakan pola komunikasi tak seimbang terpisah. Ibu dalam keluarga Fitzgerald yang mendominasi dan memegang control dalam pengambilan keputusan. Walau demikian ketidakbijakan dalam melihat keseluruhan keluarga ini membuat pembiaran yang dilakukan oleh anggota keluarga sehingga anggota didalamnya merasakan ketertekanan pada masing-masing individu.

KeywordsAnalisis Semantik, Film, Pasien Paliatif, Pola Komunikasi Keluarga
Citation Key2641
You are here