Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

PIK-M Aksiologi : Usia Boleh Muda…Karya Nyata Tetap yang Utama...

PIK-M atau Pusat Informasi Konseling Mahasiswa Aksiologi Fisip Unsoed berdiri 21 Desember 2014. Pada umurnya yang beru seumur jagung, telah banyak yang dilakukan olehnya disela-sela kesibukan kuliah pengurusnya. Saat ini PIK-M Aksiologi dikomandani oleh Lulu Atun Nafisah (Sosiologi 2014) dengan dosen Pembina Dra. Rin Rostikawati, M.Si. Fokus kegiatannya adalah menyediakan diri sebagai pusat informasi konseling mahasiswa dalam hal kesehatan reproduksi remaja sekaligus memelopori pendidikan kesehatan reproduksi bagi mahasiswa. Hal ini menjadi penting, sebagai salah satu upaya untuk berperan dalam pembangunan mental generasi muda dari degradasi moral. Dalam pelaksanaan kegiatannya PIK-M Aksiologi juga sering bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas.

Walaupun UKM ini terbilang cukup muda usianyai di Fisip Unsoed, namun PIK-M Aksiologi cukup aktif dalam melaksanakan program-program kerjanya. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan selama kurang lebih setahun kepengurusan Lulu, yakni Advokasi dan Komunikasi, Informasi serta Edukasi (KIE) mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja (KESPRO).  Hadir sebagai narasumber pada berbagai kegiatannya adalah Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DPPKBP3A ) Kabupaten Banyumas yang juga menjadi mitra kerjanya. PIK-M Aksiologi juga telah menggelar kegiatan diskusi film, kajian rutin, donor darah, kunjungan ke panti rehabilitasi, dan tentunya sosialisasi mengenai “Triad KRR”, yang merupakan tiga permasalahan utama kesehatan reproduksi remaja..

Jum’at (19/5) lalu, Pusat Informasi Konseling Mahasiswa ( PIK-M ) Aksiologi Fisip Unsoed menggelar kegiatan public speaking bagi pengurus. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pengurus mengenai cara berkomunikasi dan melakukan presentasi yang baik didepan public ini menghadirkan Epri Riyadi, S.Sos. alumni Fisip Unsoed 2016 sebagai pembicara. Kegiatan ini sangat penting bagi pengurus PIK-M Aksiologi untuk menunjang kegiatan-kegiatannya, yang merupakan garda terdepan Universitas Jenderal Soedirman dalam memelopori dan menyebarkan virus-virus GenRe ( Generasi Berencana ) yang berisi “NO narkoba, NO seks bebas, dan NO HIV/AIDS serta pendewasaan usia perkawinan”. “Dan ini menjadi target kinerja PIK-M,” tegas sang Ketua PIK-M Lulu Atun Nafisah.

Selain itu PIK-M Aksiologi juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan eksternal yang diadakan oleh instansi terkait. Tahun ini PIK-M Aksiologi ikut berpatisipasi dalam ajang besar tahunan “Pemilihan Duta GenRe Banyumas 2017”. Tak tanggung-tanggung para delegasi yang dikirimkan untuk mewakili Unsoed dalam kegiatan ini berhasil meraih juara 1 putra dan putri yang diwakili oleh Kristanti Putri Faviyanti (Sosiologi 2014) dan Fajar Budi Pratomo (Kedokteran Umum 2014)  , juara 2 putra dan putri yang diwakili Asmoro Dewo (Sosiologi 2015) dan Almira Y Alodia ( Ilmu Komunikasi 2014 ), juara 3 putri  Nisa Nabila (Ilmu Komunikasi 2015), serta juara harapan 1 putra David Prabowo (Sosiologi 2014).

Maju Terus Fisip Unsoed....Pantang Menyerah....!!!
 

You are here