Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Persepsi Konsumen Terhadap Desain Kaus Banyumasan Di Purwokerto

JudulPersepsi Konsumen Terhadap Desain Kaus Banyumasan Di Purwokerto
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsMardiah, Elis Rosidah
Call NumberSOS.892
Other NumbersF1A013008
PublisherUniversitas jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published09/2017
Abstract

Purwokerto telah menjadi lokasi strategis untuk pertumbuhan industry kreatif salahsatunya bidang fashion kaus. Desain yang diciptakan pada sebuah kaus mempunyai maksud untuk merepresentasikan sesuatu, seperti kaus banyumasan Dablongan dan Ngapak yang secara jelas memperlihatkan identitas identitas budaya Banyumas melalui desain yang dibangun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen pada desain kaus banyumasan dan untuk mengetahui makna kaus banyumasan bagi konsumennya. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik dari Mead. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman, dan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen kaus banyumasan Dablongan dan Ngapak dan menggunakan accidental sampling sebagai penentuan sampelnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain kaus banyumasan telah menciptakan persepsi dan makna bagi konsumennya. Persepsi konsumen pada kaus banyumasan Ngapak dan Dablongan lebih menekankan pada kualitas kaus baik dari segi bahan kaus, tulisan, terutama desain kaus yang semakin inovatif untuk mengangkat budaya lokal banyumas. Adapun makna kaus banyumasan bagi konsumennya yaitu sebagai identitas diri bahwa mereka adalah bagian dari warga banyumas, dan juga sebagai identitas budaya karena desain yang diciptakan sepenuhnya mengangkat budaya yang ada di Banyumas. Selain itu, bagi sebagian konsumen kaus ini bisa dijadikan sebagai media pengenalan budaya pada masyarakat.

KeywordsIndustri kaus, desain kaus, kaus banyumasan
Citation Key3187
You are here