Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Persaingan Surat Kabar Radar Banyumas Dan Satelitpost Dalam Memperebutkan Iklan

JudulPersaingan Surat Kabar Radar Banyumas Dan Satelitpost Dalam Memperebutkan Iklan
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsArizqi, Royan Abdullah
Call NumberKOM.880
Other NumbersF1C013042
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published12/2017
Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pasang surutnya surat kabar karena sulit untuk bersaing oleh media online yang berakibat pada penurunan belanja iklan surat kabar dibandingkan dengan media massa lainnya. Surat kabar yang sudah semakin kalah bersaing dengan media massa lainnya, juga harus bertahan hidup dengan bersaing antar sesama surat kabar. Salah satunya adalah persaingan yang terjadi antara Radar Banyumas dan SatelitPost di Kabupaten Banyumas. Persaingan kedua surat kabar tersebut terutama dalam hal pemasukan melalui iklan, yaitu iklan baris dan iklan display. Penelitian ini menggunakan Teori Niche untuk mengukur perbedaan frekuensi percetakan iklan baris dan iklan display sebagai sumber penunjang kehidupan (Niche Breadth) dan seberapa besar persaingan yang terjadi dalam memperebutkan iklan baris dan iklan display (Niche Overlap) antara surat kabar Radar Banyumas dan SatelitPost selama bulan April 2017. Menggunakan metode analisis isi kuantitatif untuk mengukur iklan baris dan iklan display berdasarkan kategori iklan lalu dihitung dengan rumus Levins. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Niche Breadth yang terjadi antara surat kabar Radar Banyumas dan SatelitPost berdasarkan iklan baris dan iklan display adalah cenderung spesialis atau memiliki ketergantungan terhadap iklan tertentu saja. Sedangkan Niche Overlap atau persaingan yang terjadi antara Radar Banyumas dan SatelitPost berdasarkan iklan display adalah sangat tinggi tingkat persaingannya karena mendekati nilai 0, sedangkan berdasarkan iklan baris adalah tidak terlalu tinggi karena menjauhi nilai 0.

KeywordsNiche Breadth, Niche Overlap, Surat Kabar, Teori Niche, iklan baris, iklan display
Citation Key3312
You are here