Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

PERNIKAHAN DINI (Analisis Semiotik Iklan Layanan Masyarakat BKKBN Versi “Pernikahan Dini” di Televisi)

JudulPERNIKAHAN DINI (Analisis Semiotik Iklan Layanan Masyarakat BKKBN Versi “Pernikahan Dini” di Televisi)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSari, Estri Novita
Call NumberSOS.661
Other NumbersF1A010004
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published01/2015
Abstract

Penelitian ini berjudul Pernikahan Dini (Analisis Semiotik Iklan
Layanan Masyarakat BKKBN versi “Pernikahan Dini” di Televisi).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penundaan usia
pernikahan dan himbauan program keluarga berencana yang
dideskripsikan dalam iklan layanan masyarakat BKKBN versi
“Pernikahan Dini” di televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif kualitatif dengan pedekatan analisa semiotik
Roland Barthes. Penelitian semiotik merupakan penelitian yang mengalisis
makna atas tanda dalam realitas media massa serta konteks realitas pada
umumnya dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa sekolah dan pekerjaan
merupakan salah satu bentuk upaya penundaan usia pernikahan yang
dideskripsikan dalam tayangan iklan layanan masyarakat BKKBN versi
“Pernikahan Dini” di televisi, sedangkan himbauan Program Keluarga
Berencana yang dideskripsikan dalam iklan adalah tentang 4T yaitu terlalu
muda, terlalu tua, terlalu rapat dan terlalu banyak, serta himbauan Dua
Anak Cukup.
Keluarga Berencana merupakan program paripurna yang dilaksanakan
tidak hanya setelah terbentuknya kehidupan berkeluarga melalui
pernikahan, tetapi program Keluarga Berencana juga dimulai sebelum
terbentuknya kehidupan berkeluarga atau sebelum terjadinya pernikahan.
Pendewasaan usia pernikahan merupakan program Keluarga Berencana
yang dimulai sebelum terbentuknya kehidupan keluarga, sedangkan
himbauan program Keluarga Berencana yang secara khusus membidik
kehidupan paska pernikahan adalah himbauan 4T dan Dua Anak Cukup.

KeywordsIklan Layanan Masyarakat, Keluarga Berencana, Pernikahan Dini, Semiotik
Citation Key1979
You are here