Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

PERILAKU HIDUP SEHAT PEREMPUAN OBESITAS (Studi tentang Perilaku Hidup Sehat Perempuan Obesitas pada Masyarakat Purwokerto Barat)

JudulPERILAKU HIDUP SEHAT PEREMPUAN OBESITAS (Studi tentang Perilaku Hidup Sehat Perempuan Obesitas pada Masyarakat Purwokerto Barat)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsWAHYUNI, SRI
Call NumberSOS.536
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto, Jawa Tengah
Year of Publication2012
Date Published12/2012
Abstract

Penelitian ini berjudul “PERILAKU HIDUP SEHAT PEREMPUAN OBESITAS
(Studi tentang Perilaku Hidup Sehat Perempuan Obesitas Pada Masyarakat
Purwokerto Barat)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola makan
perempuan penderita obesitas, untuk mengetahui pengetahuan atau pemahaman mengenai bahaya obesitas bagi perempuan penderita obesitas, untuk mengetahui perempuan penderita obesitas dalam upaya menjaga kesehatannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik
penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sasaran penelitian adalah perempuan penderita obesitas umur 20-44, baik yang disertai penyakit hipertensi dan diabetes maupun tidak disertai penyakit. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis interaktif dan untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber.
Menurut hasil penelitian, perilaku hidup sehat perempuan obesitas pada
masyarakat Purwokerto Barat mengenai pola makan penderita masih sangat kurang dalam pengaturan pola makannya, baik penderita obesitas yang disertai penyakit maupun tidak, dikarenakan masih kurangnya kesadaran dan konsistensi yang dimiliki penderita karena dianggap susah untuk mengaturnya, pengetahuan mengenai bahaya obesitas bagi penderita masih belum banyak mengetahui dan paham mengenai bahaya obesitas, kurangnya ketersediaan dan keterjangkauan fasilitas edukasi dan konseling gizi dan upaya menjaga kesehatannya, baik dari upaya preventif, kuratif dan promotif masih cukup kurang baik. Hal ini dikarenakan penderita belum benar-benar menjalankan diet yang telah dianjurkan oleh dokter. Penderita pun kadang lebih tersiksa dengan program dietnya. Penderita obesitas dalam pelaksanaannya dianggap masih kurang aktivitas fisiknya, baik dari frekuensi maupun waktu latihannya. Mengkonsumsi obat kurang teratur karena mereka menganggap bahwa obat hanya mereka konsumsi bila mereka merasa tubuhnya kurang sehat. Penderita obesitas baik yang disertai penyakit maupun tidak, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang perilaku hidup sehat baik dari segi pola makan, pengetahuan bahaya obesitas dan upaya menjaga kesehatannnya dan disarankan untuk berkonsultasi dengan unit-unit pelayanan kesehatan. Bagi unit pelayanan kesehatan diharapkan dapat lebih meningkatkan sosialisasi. Masyarakat beranggapan citra tubuh yang ideal merupakan suatu konstruksi sosial masyarakat. Hasil dari penafsiran masyarakat tersebut membuat penderita obesitas mencoba mengupayakan guna merubah perilakuknya baik dari segi pola makan maupun aktifitas fisiknya.

KeywordsCitra Tubuh, Perempuan Obesitas, Perilaku Hidup Sehat
Citation Key1225
You are here