Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Peran Komunikasi Antar Pesona pada Hipnoterapi Dalam Upaya Menurunkan Kebiasaan Merokok (Studi Kasus pada Pasien Perokok di Sanggar Hipoterapi Puspita Ardelia Banyumas )

JudulPeran Komunikasi Antar Pesona pada Hipnoterapi Dalam Upaya Menurunkan Kebiasaan Merokok (Studi Kasus pada Pasien Perokok di Sanggar Hipoterapi Puspita Ardelia Banyumas )
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsHerlambang, Vici
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date PublishedKOM.495
Abstract

Rokokyang saat ini menjadi sebuah budaya di masyarakattelah memunculkan suatu fenomena merokok di tengah masyarakat yang berdampak poada peningkatan pecandu rokok. Seiring dengan meningkatnya pecandu rokok , maka angka kematian yang disebabkan oleh riokok pun semakin meningkat. Bagi pecandu yang sadar akan bahaya merokok bagi kesehatan , namun masih kesulitan untuk berhenti,maka saat ini teleh muncul media pengobatan hipnoterapi yang menjadi solusi bagi pecandu rukok yang merasa kesulitan untuk berhenti merokok . Melalui hipnoterapi yang dalam proses pengobatannya menggunakan kajian komunikasi antar pesona, terapis berusaha untuk mengubah mekanisme pikiran manusia dalam menginterpretasikan pengalaman hidupnya dalamhal kecanduan merokok dengan efek perubahan pada persepsi dan tingkah laku untk berhenti merokok.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah terapis dan pasien prokok di sanggar hipnoterapi Puspita Ardelia Banyumas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive smpling untuk memilih informan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitif deskriptif dengan metode interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peran komunikasi anatar pesona pada hipnoterapi terbukti efektif dalam mempersuasi kata yang disampaikan oleh terapis dalam bentuk pesan yang berupa sugesti, terbukti efektif mempersuasi pikiran pasienperokok untuk dapat berhenti merokok.
Berdasarkan teori komunikasi antar pesona Joseph A.Devito dapatdikemukakan beberapa peran komunikasi antarpesona yang termasuk dalam kajian penelitia ini adalah untuk menemukan dunia luar, membentuk dan menjaga hubungan yang penuh arti , merubah sikap dan tingkah laku, dan untuk membantu atau menbolong.

KeywordsHipnoterapi, Komunikasi anatar pesona, Rokok.
Citation Key1104
You are here