Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

PERAN BANK SAMPAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK (Studi Kasus pada Bank Sampah “Bintang Sembilan” Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas)

JudulPERAN BANK SAMPAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK (Studi Kasus pada Bank Sampah “Bintang Sembilan” Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsNugraha, Aditya Dwi
Call NumberSOS.991
Other NumbersF1A013018
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published09/2018
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bank sampah “Bintang Sembilan” dalam pengelolaan sampah organik dan anorganik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan rasionalitas instrumental dari Max Weber. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive Sampling dengan pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu: wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran yang dilakukan oleh bank sampah “Bintang Sembilan” yaitu memberikan kontribusi dari hasil sampah yang ditabung di bank sampah “Bintang Sembilan” berupa nilai rupiah kepada nasabah, dengan begitu para nasabah akan memperoleh pendapatan tambahan. Pengelolaan sampah anorganik saat ini masih hanya penampungan saja, sampah anorganik yang disetorkan dari nasabah akan dipilah kembali menurut jenisnya yang kemudian disetorkan ke pengepul yang sudah bekerja-sama dengan bank sampah “Bintang Sembilan”. Sampah organik bank sampah “Bintang Sembilan” mengelola sendiri di bank sampah dengan memanfaatkan kembali berupa sampah dedaunan dan sampah yang dihasilkan dari sisa-sisa dapur yang kemudian diolah menjadi pupuk organik.

Keywords-
Citation Key3524
You are here