Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pengaruh Pembinaan, Kompetensi dan Motivasi Pegawai terhadap Kinerja Pegawai PENYUSUN LKjIP SKPD di Kabupaten Cilacap

JudulPengaruh Pembinaan, Kompetensi dan Motivasi Pegawai terhadap Kinerja Pegawai PENYUSUN LKjIP SKPD di Kabupaten Cilacap
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsK, Endah Widiyarti
Call NumberMAP. 039
Other NumbersP2FB13008
Publisheruniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published09/2017
Abstract

LKjIP memiliki posisi yang strategis, mengingat data tersebut banyak dibutuhkan oleh pihak yang berkepentingan, baik pemerintah daerah dan juga masyarakat. Karena itulah penyusunan LKjIP yang sesuai ketentuan, baik substansi maupun waktu penyusunan sangat diharapkan. Proses tersebut tentu saja membutuhkan SDM yang handal, dengan dukungan pembinaan dari pemerintah kabupaten, kompetensi dan motivasi penyusun LKjIP maka LKjIP akan selesai sebagaimaan mestinya. Karena itulah penelitian yang berjudul Pengaruh Pembinaan, Kompetensi Dan Motivasi Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Penyusun LKJiP SKPD Di Kabupaten Cilacap bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembinaan pegawai, kompetensi pegawai dan motivasi pegawai terhadap kinerja pegawai penyusun LKjIP SKPD di Kabupaten Cilacap.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei, dengan sasaran penelitian yaitu seluruh pegawai yang bertugas menyusun LKjIP SKPD di Kabupaten Cilacap yang berjumlah 147 pegawai, dan keseluruhannya dijadikan sebagai responden penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu korelasi product moment, analisis regresi sederhan dan regresi berganda.
Hasil penelitian diketahui dukungan pembinaan, kompetensi pegawai dan motivasi pegawai mampu memberikan dampak positif bagi pegawai dalam penyusunan LKjIP. Kondisi ini dibuktikan dari hasil perhitungan regresi berganda yaitu pembinaan, kompetensi dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dalam penyusunan LKjIP di Kabupaten Cilacap. Untuk lebih meningkatkan kinerja pegawai dalam penyusunan LKjIP maka perlu memperhatikan aspek pembinaan yang selama ini telah dilakukan oleh pemerintah kaupaten Cilacap melalui proses pembinaan yang disertai dengan prraktek langsung, sehingga akan memberikan pengalaman guna diterapkan di organisasi masing-masing. Usaha perbaikan kompetensi perlu diperhatikan dengan mempertimbangkan aspek peningkatan pengetahuan, pemahaman, ketermapilan dan juga penambahan pengalaman, sehingga akan memduahkan pegwai ketika menyusun LKjIP di SKPD masing-masing. Pegawai hendaknya memperbaiki aspek motivasi guna memberikan kenyamanan bagi pegawai. Perbaikan motivasi dapat dilakukan dalam bentuk insnetif dan dukungan pimpinan guna memberikan dorongan ketika pegawai bekerja.

KeywordsKinerja., Kompetensi, Motivasi, Pembinaan
Citation Key3148
You are here