Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

pengaruh kualitas pelayanan terhadap KEPUASAN JAMAAH HAJI pada kantor kementerian agama kabupaten banyumas TAHUN 2015-2016

Judulpengaruh kualitas pelayanan terhadap KEPUASAN JAMAAH HAJI pada kantor kementerian agama kabupaten banyumas TAHUN 2015-2016
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsAziz, Wahyu Fauzi M.
Call NumberMAP.022
Other NumbersP2FB13021
PublisherUniversitas jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2017
Date Published05/2017
Abstract

Kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan. Untuk menentukan kepuasan jamaah, kualitas pelayanan diperlukan karena jamaah akan merasa puas apabila mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan yang diharapkan. Pemberian pelayanan atau jasa yang baik pada jamaah akan memberikan kepuasan kepada para jamaah. Bila pelayanan atau jasa yang diterima sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas pelayanan atau jasa akan dipersepsikan baik dan memuaskan, sebaliknya bila pelayanan atau jasa yang diterima lebih rendah dari yang diharapkan, maka kualitas jasa dipersepsikan buruk. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan jamaah haji atas pelayanan haji pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sasaran penelitian adalah jamaah haji tahun 2015 – 2016 yang telah mengakses layanan Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, dengan teknik proposional sampling per tahun. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment, regresi sederhana dan regresi berganda.
Hasil penelitian diketahui layanan haji yang diselenggarakan oleh Kemenag dalam bentuk bukti fisik, kehandalan daya tanggap jaminan layanan dan empati dinilai baik sehingga sangat dirasakan manfaatnya oleh jamaah haji. Secara statistik bentuk bukti fisik, kehandalan daya tanggap jaminan layanan dan empati mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan jamaah haji. Hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai peran dalam peningkatan kepuasan jamaah haji.

KeywordsKepuasan Jamaah Haji, kualitas pelayanan
Citation Key3115
You are here