Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pengaruh Kualitas Pelayanan Perum Damri terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang di Stasiun Purwokerto

JudulPengaruh Kualitas Pelayanan Perum Damri terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang di Stasiun Purwokerto
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsAtika, Zaula Rizqi
Call NumberANE.686
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2013
Date Published07/2013
Abstract

DAMRI merupakan perusahaan atau badan usaha yang dimiliki pemerintah di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sampai saat ini,Perum DAMRI memiliki jaringan pelayanan transportasi hampir di seluruh wilayah Republik Indonesia salah satunya Purwokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan mekanisme permasalahan tentang seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan Perum Damri terhadap tingkat kepuasan penumpang di Stasiun Purwokerto, yaitu dengan cara menganalisis dan membuktikannya secara empiris.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang dijadikan sampel sebanyak 100 orang penumpang hanya untuk Bus DAMRI kelas ekonomi. Metode analisis data yang digunakan adalah tabulasi silang dan korelasi kendal tau dengan taraf kepercayaan 10%.
Hasil penelitian ini menunjukan dari penghitungan korelasi Kendal Tau, bahwa kualitas pelayanan Perum DAMRI Stasiun Purwokerto memiliki 26% pengaruh positif terhadap tingkat kepuasan penumpang. Meskipun kualitas pelayanan tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan, koefisien korelasinya terdapat pada tingkat hubungan yang rendah.Baiknya kualitas pelayanan dapat dinilai dari segi tangibles (ketampakan fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empaty (perlakuan). Tetapi kenyataannya dalam observasi, kondisi assurance (jaminan) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan pada penelitian ini.

KeywordsKepuasan Penumpang, Kualitas Pelayanan Perum DAMRI
Citation Key1212
You are here