Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pengaruh Kemampuan Pendamping dan Kualitas Pelayanan terhadap Efektifitas Program Keluarga Harapan di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

JudulPengaruh Kemampuan Pendamping dan Kualitas Pelayanan terhadap Efektifitas Program Keluarga Harapan di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsFitriyani, Tri
Call NumberANE.P.076
Other NumbersF1B113028
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2018
Date Published09/2018
Abstract

Efektivitas merupakan suatu ukuran yang memberikan gambaran seberapa jauh target dapat dicapai. Jadi, apabila tujuan atau sasaran itu tidak selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan pekerjaan itu tidak efektif, sehingga perlu didukung dengan kemampuan dan kualitas pelayanan yang baik. Kemampuan pendamping dan Kualitas Pelayanan adalah suatu faktor yang berkaitan dengan satu kesatuan yang sangat dibutuhkan dalam menggerakan suatu program agar tercapai. Permasalahan PKH di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
adalah masih ditemukan penerima keluarga penerima sasaran yang sudah tidak memiliki komponon KPM, tetapi tetap menerima bantuan PKH, dan sebaliknya, hal ini tentunya tidak tepat sasaran. Tujuan di dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh antara kemampuan pendamping terhadap efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas; (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan
Kembaran, Kabupaten Banyumas; (3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh antara kemampuan pendamping dan kualitas pelayanan terhadap efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode survey. Variabel di dalam penelitian ini adalah Kemampuan Pendamping (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) sebagai variabel independen; Efektivitas PKH (Y) sebagai variabel dependen. Populasi di dalam penelitian ini adalah Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan berjumlah 2.608. Teknik pengambilan sampel dengan cara area sampling, sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dengan menggunakan Kendal Tau C, Koefisien Konkordasi W , dan regresi ordinal.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kemampuan pendamping yang positif dan signifikan terhadap efektivitas PKH di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,237; (2) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan yang positif dan signifikan terhadap efektivitas PKH di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,475; (3) Terdapat pengaruh kemampuan pendamping dan kualitas pelayanan yang positif dan signifikan terhadap efektivitas PKH di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dengan nilai koefisien regresi
sebesar 0,409.

Kata kunci: Kemampuan Pendamping, Kualitas Pelayanan, Efektivitas PKH

SUMMARY

Effectiveness is a measure that gives an description of how far a target can be achieved. Thus, if the objectives or goals are not completed in accordance with the time specified work is not effective, so it needs to be supported with the ability and quality of service. Capability and Service Quality is a factor associated with aunity that is needed in moving a program to achieve. The problem of PKH in Kembaran Sub-district of Banyumas Regency is still found by recipient families who do not have KPM, but still receive PKH assistance, and vice versa, this is certainly not right on target. This research purposes (1) to know the influence between the accompanying capability to the effectiveness of Program Keluarga Harapan (PKH) in Kembaran Sub-district, Banyumas Regency; (2) To know the effect of the quality service to the effectiveness of PKH in Kembaran Sub-district, Banyumas Regency; (3) To know the influence between assistant ability and service quality towards effectiveness of PKH in Kembaran Sub-district, BanyumasRegency.

This research uses quantitative method with survey method. The variables are Capacity (X1) and Service Quality (X2) as independent variables; The effectiveness of PKH (Y) as the dependent variable. The population in this study is the Family Beneficiary of the PKH (2,608) with 100 samples. Data collection techniques used questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis are Kendal Tau C, W Coordiaene Coefficient, and ordinal regression.

This research concluded that (1) there is positive and significant influence of capability towards PKH effectiveness in Kembaran Sub-district of Banyumas Regency with regression coefficient value 0,237; (2) There is influence of positive and significant service quality to PKH effectiveness in Kembaran Sub-district of Banyumas Regency with regression coefficient value 0,475; (3) There is influence of capability and quality of service which are positive and significant to effectiveness of PKH in District Kembaran Banyumas with regression coefficient value equals to 0,409.

Keywords: Capability, Service Quality, Effectiveness, Program Keluarga Harapan

KeywordsEfektivitas PKH, Kemampuan Pendamping, kualitas pelayanan
Citation Key3488
You are here