Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pemberdayaan Perempuan melalui kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan (SPP) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MD)

JudulPemberdayaan Perempuan melalui kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan (SPP) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MD)
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsSETIANINGSIH, EFI
Call NumberSOS.534
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto, Jawa Tengah
Year of Publication2012
Date Published12/2012
Abstract

Ketidakadilan gender dalam masyarakat telah banyak merugikan kaum
perempuan. Pembangunan di Indonesia kurang mengikutsertakan perempuan
dalam setiap kebijakan yang dibuatnya. Kemiskinan pun terjadi karena mereka
tidak diberi kesempatan untuk bekerja dan memperoleh penghasilan sendiri. Salah satu upaya pemerintah yaitu dengan menciptakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri dengan kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) yaitu pemberian modal untuk pengembangan usaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlibatan perempuan dalam program dan bagaimana upaya pemberdayaannya dalam berbagai bidang. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paparan yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian berada di Desa Pahonjean Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Sasaran utama penelitian adalah perempuan penerima dana SPP, sasaran pendukungnya adalah pengurus PNPMMD.
Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan, observasi,
dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Analisis Interaktif.
Hasil penelitian menunjukan keterlibatan perempuan dalam tahap perencanaan yaitu dalam proses penggalian gagasan/penetapan usulan keterlibatan perempuan sangat kurang; tahap pelaksanaan yaitu sebagian kelompok mampu
mengelola kelompoknya dengan baik secara managerial dan sebagian lagi belum efektif; dan tahap evaluasi yaitu perilaku kelompok pemanfaat dana merasa ketergantungan terhadap modal pinjaman ditandai dengan meningkatkan jumlah dana pinjaman setiap periodenya.
Upaya pemberdayaan terdiri dari empat bidang yaitu: bidang ekonomi
berupa pemberian dana untuk menambah modal usaha dan pengarahan
kedisiplinan dalam pengembalian angsuran; bidang sosial berupa peningkatan
kualitas sumberdaya manusia yang belum maksimal; bidang politik berupa
pengarahan kelompok untuk memiliki buku administrasi sendiri serta pembentukan kepengurusan dalam masing-masing kelompok; bidang psikologi
memberikan dorongan, motivasi, dan kesadaran akan permasalahan dan
kebutuhan melalui pengadaan pertemuan khusus kelompok perempuan.
Pemerintah harus lebih peka terhadap kebutuhan-kebutuhan mendasar kaum perempuan khususnya perempuan miskin, diharapkan adanya kesadaran
perempuan yang sudah berdaya untuk memberikan kesempatan bagi yang belum berdaya khususnya dalam akses permodalan, perlu adanya pengecekan identifikasi usaha setelah pengajuan proposal oleh pengurus, perlu adanya pelatihan-pelatihan khusus berkaitan dengan manajemen produksi dan pemasaran kepada para pemilik usaha.

Keywordskemiskinan perempuan, pemberdayaan perempuan, PNPM-MD SPP
Type of WorkUndergraduate Thesis
Citation Key1223
You are here