Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pemanfaatan Program Media E-learning Edmodo Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman

JudulPemanfaatan Program Media E-learning Edmodo Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsImada, Glory
Call NumberKOM.752
Other NumbersF1C011039
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published12/2015
Abstract

RINGKASAN
Media E-learning Edmodo merupakan sebuah inovasi berbentuk metode belajar online sebagai bentuk praktik dari penerapan aplikasi teknologi komunikasi dalam dunia pendidikan di era reformasi dan informasi, dimana masyarakat sudah mengenal dan sangat nyaman dengan koneksi internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan program media e-learning Edmodo pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini menggunakan sebuah model Perilaku Informasi dengan riset evaluasi sebagai bentuk dari penelitian terapan yang menggunakan Evaluasi Program CIPP (Konteks, Masukkan, Proses dan Produk), dalampendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik triangulasi metode digunakan untuk mengklarifikasi hasil data kuesioner dengan hasil data wawancara mendalam.
Berdasarkan hasil data kuesioner dan wawancara mendalam, evaluasi konteks masuk dalam kategori Tinggi menghasilkan fenomena belajar online yang menarik perhatian peserta didik dalam penerapan Edmodo selama perkuliahan.
Evaluasi masukkan dalam kategori Sedang menghasilkan pola pikir peserta dan penyelenggara program yang perlu diperbaharui terkait proses belajar instant dan penerapan Edmodo dalam jangka pendek. Evaluasi proses dalam kategori Sedang
menghasilkan stimulus dari lingkungan program secara intensif akan sangat berpengaruh pada respon peserta didik dalam euphoria belajar. Penerapan media
e-learning Edmodo dalam perkuliahan Sistem Informasi Manajemen dan Teknologi Komunikasi di FISIP UNSOED sudah sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Dalam perkuliahan tersebut, Edmodo dimanfaatkan sebagai alternatif media belajar tanpa tatap muka di luar jadwal perkuliahan, serta alat penunjang dalam pemenuhan kebutuhan informasi bagi peserta didik. Secara keseluruhan, Edmodo belum dimanfaatkan secara maksimal oleh penggunanya.
Evaluasi produk dalam kategori sedang menghasilkan pemanfaatan program yang
belum maksimal, namun ini tetap dapat dilanjutkan, meski dibutuhkan perbaikan
dan modifikasi program yang disesuaikan dengan keadaan, kebutuhan dan
perkembangan zaman

KeywordsEdmodo, E-Learning, Model Evaluasi Program CIPP, Model Information of Behaviour, Pemanfaatan
Citation Key2550
You are here