Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Partisipasi Politik Pemilih Difabel dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa barat Tahun 2013 di Kabupaten Ciamis

JudulPartisipasi Politik Pemilih Difabel dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa barat Tahun 2013 di Kabupaten Ciamis
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsFebriansyah, Edgar
Call NumberPOL.385
Other NumbersF1D008049
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto, Jawa Tengah Indonesia
Year of Publication2015
Date Published06/2015
Publication LanguageIndonesian
Abstract

Penelitian ini membahas tentang partisipasi politik pemilih difabel dalam pemilihan kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2013 di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman dan gambaran partisipasi politik pemilih difabel dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2013 di Kabupaten Ciamis; serta mendapatkan penjelasan dan alasan difabel berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2013 di Kabupaten Ciamis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus dan penggunaan purposive sampling sebagai teknik pemilihan informan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, metode yang digunakan adalah metode analisis interaktif yang meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi politik pemilih difabel dalam Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat khususnya yang menjadi anggota Organisasi Pertuni dan Organisasi Gerkatin mencapai 100%. Untuk anggota Pertuni yang berjumlah 200 orang semuanya menggunakan hak pilihnya dan anggota Gerkatin yang berjumlah 100 orang semuanya juga menggunakan hak pilihnya. Tingkat partisipasi politik pemilih difabel sangat tinggi khususnya organisasi Pertuni dan Gerkatin yang mencapai 100% karena mereka merasa dihargai oleh KPU Kabupaten Ciamis. Pertuni sendiri dilibatkan sebagai mitra KPU Kabupaten Ciamis sebagai relawan demokrasi yang bertugas melakukan sosialisasi kepada anggota organisasinya. Relawan demokrasi sendiri murni merupakan sebuah inisiatif bentukan dari KPU Kabupaten Ciamis. Meskipun relawan demokrasi ini masih berada pada tahap uji coba dalam Pemilukada tersebut, namun berhasil meningkatkan tingkat partisipasi politik difabel. Sejumlah sosialisasi dan gerak jalan sehat yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Ciamis untuk kalangan difabel juga mampu meningkatkan tingkat partisipasi politik mereka. KPU Kabupaten Ciamis juga sudah beberapa kali melakukan mobilisasi untuk calon pemilih difabel khususnya yang menjadi anggota Pertuni maupun Gerkatin untuk melakukan sosialisasi dan tanpa menyuruh maupun memaksa untuk memilih pasangan calon tertentu. Semua diserahkan kepada pemilih sesuai dengan hati nuraninya sendiri. Untuk afiliasi politiknya sendiri, kelompok Pertuni dan Gerkatin terbagi menjadi dua kubu, yaitu kubu pasangan calon Dede Yusuf Macan Effendi, ST. Dan Dr.Ir. H. Lex Laksamana Zainal Lan, Dipl.HE, dan kubu pasangan H. Ahmad Heryawan dan H. Deddy Mizwar.
Penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi KPU Kabupaten Ciamis, Pertuni Ciamis, dan Gerkatin Ciamis. Segera dibuat Undang-Undang atau peraturan khusus untuk difabel dalam pemilihan umum, serta fasilitas untuk pemilih difabel ditingkatkan untuk mempermudah mereka menggunakan hak pilihnya.

KeywordsKeadilan Sosial dan Difabel, Partisipasi Politik, Pemilihan Kepala Daerah
Type of WorkUndergraduate Thesis
Citation Key2269
You are here