Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Partisipasi Dosen Jurusan HI dalam Klinik Publikasi Jurnal LPPM

lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman mengadakan pelatihan menulis dan publikasi jurnal. Klinik Publikasi Jurnal Nasional diadakan pada tanggal 27-28 Juli 2018 di Java Heritage, sementara Klinik Publikasi Jurnal Internasional diadakan pada tanggal 3-4 Agustus 2018. Staf pengajar yang berpartisipasi dalam pelatihan tersebut adalah Muhammad Yamin, Nurul Azizah Zayzda, dan Arief Bakhtiar Darmawan.
Acara dibuka oleh Rektor Universitas Jenderal Soedirman Prof. Suwarto. Dalam pembukaannya, Prof. Suwarto menyatakan bahwa UNSOED berusaha untuk melakukan investasi dengan pembiayaan yang besar untuk para dosen yang ingin melakukan publikasi jurnal. Dosen yang memiliki publikasi dengan sendirinya akan mengangkat nama UNSOED. Di masa mendatang, dosen yang memiliki publikasi pun akan terangkat kesejahteraannya karena akan mendapatkan penghargaan yang cukup besar dari universitas.
Salah satu pengisi Tole Sutikno, S.T., M.T., Ph.D dari Universitas Ahmad Dahlan mengungkapkan bahwa klaim kontribusi penelitian merupakan hal paling utama jika artikel kita ingin diterima dalam jurnal internasional. Hal lainnya, editor jurnal biasanya lebih berminat dengan kolaborasi kita dengan orang non-Asia. Atau minimal kita menulis bersama orang Indonesia tapi yang berasal dari institusi non-Asia. Dari sisi editor, ada tiga hal yang ingin diketahui dari sebuah tulisan. Pertama, apa yang bisa saya pelajari dengan membaca paper ini. Kedua, apakah artikel ini layak saya ketahui. Ketiga, apakah paper ini punya pengaruh di lapangan penelitian yang bersangkutan. Dengan demikian, kita harus menyertakan klaim kontribusi dan kenapa artikel kita penting untuk dibahas.
Salah satu detail yang juga Pak Tole sampaikan adalah mengenai gambar atau tabel. Dalam artikel, beliau menekankan bahwa kita tidak menjelaskan gambar atau tabel, tapi paper kita itulah teks yang kita paparkan. Dengan kata lain, gambar atau tabel hanya penjelas dari teks yang kita tulis. Peletakan tabel atau gambar itu sendiri juga cukup penting. Penulis yang berpengalaman akan meletakkan gambar atau tabel di bagian atas atau bawah halaman, bukan di tengah halaman.
Secara umum, klinik yang diselenggarakan oleh LPPM memberikan pandangan dan semangat baru untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas. Semoga acara seperti ini terus diadakan di masa depan. 
 
You are here