Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Online Shop dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa FISIP UNSOED

JudulOnline Shop dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa FISIP UNSOED
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsAgustin, Susan
Call NumberSOS.630
Other NumbersF1A008070
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2014
Date Published06/2014
Abstract

Online shop merupakan proses transaksi jual beli antar pebisnis dan
konsumen melalui media internet. Online shop saat ini menjadi media baru bagi
masyarakat untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah,
kendaraan, serta tidak terbatas oleh jarak dan waktu. Mahasiswa dan internet tidak
bisa terlepaskan dalam penggunaannya, dan hal ini menciptakan mereka untuk
melakukan konsumsi melalui online shop. Online shop pada saat ini memberikan
kemudahan dalam bertransaksi maupun memasarkan produk, barang dan jasa, bukan
hanya pembeli sebagai konsumen tetapi pebisnis online shop dibantu dengan
perkembangan teknologi telekomunikasi.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNSOED melalui belanja di online
shop, mengetahui strategi pebisnis dalam menggunakan online shop, dan mengetahui
mekanisme penawaran barang dan jasa melalui belanja di online shop. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sasaran utamanya adalah mahasiswa
FISIP UNSOED yang menggunakan online shop dalam berbelanja, serta sasaran
pendukung adalah pebisnis yang menggunakan online shop dalam penjualan. Teknik
pengambilan informan adalah teknik purposive sample. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Analisis Interaktif yang meliputi
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini berdasarkan analisis yang ditemukan oleh peneliti bahwa
perilaku konsumtif melalui berbelanja online shop meliputi efisiensi dalam berbelanja
online, motivasi dalam berbelanja online shop dipengaruhi berbagai faktor yaitu
faktor individual, faktor ekonomi, faktor sosial, faktor budaya dan faktor penguasaan
dan penggunaan teknologi informasi. Strategi pebisnis ketika menggunakan online
shop meliputi upaya menciptakan kepercayaan oleh pebisnis dengan menggunakan
jejaring sosial yaitu facebook, twitter BBM (BlackBerry Messager) dan FJB (Forum
Jual Beli) kaskus. Mekanisme penawaran barang, jasa maupun produk online shop
meliputi pengunaan dan penguasaan dalam teknologi informasi yaitu melalui FJB
kaskus, Tiga Putra Bakery melalui facebook, Phipragitha shop melalui facebook dan
BBM (BlackBerry Messager), Doubleyou Gallery melalui twitter dan BBM
(BlackBerry Messager).
Implikasi dari penelitian ini adalah pertama bagi mahasiswa FISIP
keefisiensian waktu, jarak, hemat tenaga dalam mencari suatu kebutuhan serta
dilengkapi dengan penguasaan dan penggunaan teknologi informasi berupa gadget
yang digunakan. Kedua, bagi pebisnis online shop diharapkan menjaga kepercayaan
dalam bertransaksi jual beli dalam pembelian melalui online

KeywordsOnline Shop, perilaku konsumtif
Citation Key1688
You are here