Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Motivasi non Ekonomi Pengemis di Alun Alun Kota Purwokerto

JudulMotivasi non Ekonomi Pengemis di Alun Alun Kota Purwokerto
Publication TypeStudent Thesis
AuthorsZetasari, Wahyuni
Call NumberSOS.753
Other NumbersF1A009016
PublisherUniversitas Jenderal Soedirman
Place PublishedPurwokerto
Year of Publication2015
Date Published12/2015
Abstract

Permasalahan mengenai pengemis sering kali menjadi bahan pembicaraan yang hingga saat ini seperti belum mendapat penanganan serius. Pasalnya disudut maupun ditengah kota, keberadaan mereka setiap tahun semakin bertambah. Pemerintah pada dasarnya sudah mencoba untuk mengambil tindakan tegas terhadap keberadaan mereka. Namun akhirnya mereka kembali menjadi pengemis, dan dikarenakan penghasilan dari mengemis dinilai oleh banyak orang malas sangat menguntungkan, maka mengemis dijadikan sebagai sebuah pekerjaan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor non-ekonomi yang menjadi beberapa kunci tentang eksistensi pengemis khususnya di wilayah alun-alun Purwokerto. Peneliti menemukan adanya faktor budaya, sosial dan agama yang menjaga eksistensi mereka.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengambilan data dengan purposive sampling. Dengan pendekatan secara alami dan mengambil sampel terhadap informan yang dinilai lebih tahu tentang fokus penelitian, maka peneliti mampu mendapat informasi yang diinginkan.
Faktor non-ekonomi seperti faktor budaya, yang menjadikan mental mengemis dari masyarakat yang memang berasal dari ekonomi bawah semakin besar. Faktor agama, mengemis dijadikan sebagai suatu investasi kebajikan dalam arti lain apabila memberi pengemis dipastikan mendapat pahala. Faktor sosial, lingkungan tempat tinggal dan keluarga menjadi salah satu penyebab utama dari eksistensi mereka.

KeywordsAgama, Faktor non-ekonomi, budaya, sosial
Citation Key2519
You are here